Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Secara Efektif

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Secara Efektif
Source: bing.com

Jerawat bruntusan adalah jenis jerawat yang membuat wajah Anda tidak terlihat sehat. Jerawat bruntusan disebabkan oleh kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan kadar hormon yang tinggi. Jerawat bruntusan biasanya berwarna merah kehitaman, menonjol keluar, dan disertai dengan peradangan yang nyeri. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat bruntusan, maka berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan.

1. Gunakan Produk Skincare yang Bersih

Mulailah dengan memilih skincare yang bersih dan alami. Hindari produk skincare yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben dan sulfat, karena dapat membuat jerawat bruntusan semakin parah. Sebaliknya, pilihlah produk skincare berkualitas tinggi yang kaya akan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, shea butter, dan jojoba oil. Ini akan membantu Anda menjaga kulit agar tetap sehat dan dapat mengurangi jerawat bruntusan.

2. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Kemudian, pastikan untuk rutin membersihkan wajah Anda setiap hari. Hal ini penting untuk menghilangkan sebum berlebih, kotoran, dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Pilihlah sabun wajah dengan pH yang netral dan gunakan air hangat untuk membersihkan wajah secara lembut. Ini akan membantu Anda menghilangkan sebum berlebih dan menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

3. Gunakan Pelembab

Selain itu, selalu gunakan pelembab setelah membersihkan wajah. Pelembab membantu menjaga kelembapan kulit Anda dan mencegah timbulnya jerawat bruntusan. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan untuk menggunakannya setiap hari. Ini akan membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan segar.

BACA JUGA:  Cara Penanganan Jerawat

4. Hindari Merokok dan Alkohol

Selain itu, hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, kedua bahan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat bruntusan. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Oleh karena itu, hindarilah merokok dan minuman beralkohol jika Anda ingin menghilangkan jerawat bruntusan.

5. Pilih Makanan Sehat

Selain itu, jangan lupa untuk memilih makanan sehat. Makanan yang berlemak, asin, dan berminyak dapat meningkatkan risiko jerawat bruntusan. Sebaliknya, makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan protein rendah lemak akan membantu Anda menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko jerawat bruntusan.

6. Gunakan Obat Jerawat

Anda juga dapat menggunakan obat jerawat untuk mengatasi jerawat bruntusan. Beberapa jenis obat jerawat yang dapat Anda gunakan adalah benzoyl peroxide, salicylic acid, dan juga retinoid. Obat-obat ini dapat membantu Anda mengurangi produksi sebum berlebih dan mengobati jerawat bruntusan. Namun, pastikan untuk membaca label obat jerawat dengan baik sebelum Anda menggunakannya.

7. Gunakan Masker

Untuk menghilangkan jerawat bruntusan lebih cepat, Anda juga dapat menggunakan masker. Beberapa jenis masker yang dapat Anda gunakan adalah masker berbahan dasar clay, masker berbahan dasar putih telur, dan juga masker berbahan dasar perasan lemon. Masker ini akan membantu Anda menghilangkan sebum berlebih dan mengurangi peradangan pada jerawat bruntusan.

8. Gunakan Air Hangat

Selain itu, gunakanlah air hangat saat membersihkan wajah. Pastikan untuk menggunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda karena air dingin dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Ini akan membantu Anda menghilangkan sebum berlebih dan mengurangi risiko jerawat bruntusan.

9. Gunakan Bedak Tabur

Selanjutnya, gunakan bedak tabur untuk membuat jerawat bruntusan terlihat lebih sedikit. Pastikan untuk memilih bedak tabur yang tepat untuk jenis kulit Anda. Ini akan membantu Anda menyamarkan jerawat bruntusan dan membuat wajah Anda terlihat lebih sehat.

BACA JUGA:  Tips Mengempiskan Jerawat

Kesimpulan

Jerawat bruntusan adalah jenis jerawat yang membuat wajah tidak terlihat sehat. Untuk menghilangkan jerawat bruntusan, Anda dapat menggunakan produk skincare yang bersih, rutin membersihkan wajah, menggunakan pelembab, menghindari merokok dan alkohol, memilih makanan sehat, menggunakan obat jerawat, menggunakan masker, menggunakan air hangat, dan juga menggunakan bedak tabur. Jika Anda mengikuti cara-cara tersebut dengan benar, maka Anda akan dapat menghilangkan jerawat bruntusan dengan efektif.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Secara Efektif