Cara Menghilangkan Kemerahan Akibat Jerawat

Cara Menghilangkan Kemerahan Akibat Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dihadapi oleh orang-orang dari semua usia. Kemerahan di wajah akibat jerawat dapat mengganggu penampilan, membuat Anda merasa kurang percaya diri, dan membuat Anda merasa tidak enak hati. Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan jerawat sepenuhnya, Anda dapat mengurangi kemerahan akibat jerawat dengan cara-cara yang mudah dan aman.

Cuci Wajah Anda

Kebiasaan membersihkan wajah secara teratur adalah langkah pertama yang harus dilakukan ketika mencoba menghilangkan kemerahan akibat jerawat. Mencuci wajah dengan air bersih dua kali sehari dapat membantu menghapus kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan sabun wajah yang ringan dan tidak berminyak, dan perhatikan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras. Anda juga dapat menggunakan toner wajah untuk menghapus sisa-sisa sabun dan membersihkan pori-pori.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Aman

Banyak produk perawatan kulit yang dirancang untuk mengatasi masalah jerawat dan mengurangi kemerahan. Pertimbangkan untuk menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi kemerahan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, cobalah untuk menggunakan produk yang tidak terlalu keras atau mencoba produk organik yang bebas dari zat kimia. Juga, gunakan produk yang tidak menyebabkan iritasi, karena iritasi dapat memburuk kemerahan.

Gunakan Masker Dingin

Masker dingin dapat membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat. Gunakan handuk bersih yang telah dibasahi dengan air dingin atau gunakan bantal es khusus wajah. Tekan handuk atau bantal es pada wajah selama beberapa menit untuk mengurangi kemerahan dan gatal-gatal. Anda juga dapat menggunakan masker es yang tersedia di toko perawatan kulit untuk mengurangi kemerahan.

BACA JUGA:  Arti Timbul Jerawat dan Cara Mengatasinya

Gunakan Produk Pelembab

Produk pelembab dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi kemerahan. Gunakan pelembab yang tidak berminyak dan mengandung humektan, seperti glycerin atau hyaluronic acid. Pelembab juga dapat membantu menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah yang disebabkan oleh komedo dan jerawat.

Gunakan Tabir Surya

Karena sinar matahari dapat memburuk kemerahan pada kulit, pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, serta mencegah jerawat dan kemerahan. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dan aplikasikan pada wajah setiap hari.

Gunakan Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat. Caranya, buat ramuan teh hijau dengan mendidihkan air dan tuangkan ke dalam cangkir. Tambahkan 1-2 sendok teh teh hijau ke dalam cangkir, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu saring teh hijau dan biarkan dingin. Kemudian, celupkan handuk kapas ke dalam ramuan teh hijau dan tempelkan pada wajah selama 5-10 menit.

Gunakan Masker Alami

Masker alami juga dapat membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat. Contohnya, Anda dapat menggunakan masker kentang dan mentimun, yang kedua-duanya memiliki sifat anti-inflamasi. Caranya, parut kentang atau mentimun dan tempelkan bubuk parutan tersebut ke wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

Jauhi Produk Berminyak dan Kafein

Produk berminyak dan makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat memperburuk kemerahan akibat jerawat. Jadi, jauhi produk berminyak, seperti produk kecantikan, minyak zaitun, minyak sayur, dan lainnya. Juga, hindari makanan dan minuman yang tinggi kafein, seperti kopi, teh, dan soda.

Kesimpulan

Kemerahan akibat jerawat dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda merasa kurang percaya diri. Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan jerawat sepenuhnya, Anda dapat mengurangi kemerahan dengan beberapa cara. Mulailah dengan membersihkan wajah Anda secara teratur, gunakan produk perawatan kulit yang aman, gunakan masker dingin atau es, dan jauhi produk berminyak dan kafein. Dengan melakukan semua ini, Anda akan melihat perbedaan yang jelas dalam waktu singkat.

BACA JUGA:  Obat Apotik yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

VideoCara Menghilangkan Kemerahan Akibat Jerawat