Cara Menghilangkan Jerawat Saat Puber

Cara Menghilangkan Jerawat Saat Puber
Source: bing.com

Puber adalah masa dimana awalnya kita merasakan perubahan pada tubuh, termasuk ada jerawat yang muncul. Meskipun jerawat yang muncul biasanya akan hilang sendiri, namun bagi kebanyakan remaja, mereka ingin cepat-cepat menghilangkan jerawat yang muncul. Tentunya dengan cara yang benar.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan jerawat saat puber:

1. Kurangi Penggunaan Produk-Produk Berlebihan

Produk-produk yang berlebihan dapat menyebabkan masalah jerawat yang lebih parah. Jika kulit wajahmu berjerawat, cobalah untuk mengurangi menggunakan make-up, toner, dan produk-produk kecantikan lainnya. Jika kamu suka menggunakan make up, cobalah untuk memilih jenis yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Bersihkan Wajah Setiap Hari

Kulit wajah sangat rentan terhadap kotoran dan bakteri. Karena itu, penting untuk membersihkan wajah Anda setiap hari. Gunakan sabun wajah yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Jangan lupa untuk membilas wajah Anda dengan air dingin setelah membersihkan.

3. Gunakan Masker Wajah yang Tepat

Masker wajah dapat membantu Anda mengurangi jerawat. Pilihlah masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera, madu, oatmeal, atau minyak zaitun. Gunakan masker tersebut setidaknya sekali dalam seminggu. Masker wajah akan membantu menjaga kulit wajahmu tetap bersih dan sehat.

4. Jaga Pola Makan dan Konsumsi Vitamin

Makan makanan yang sehat dan pola makan yang teratur akan membantu menjaga kulit wajahmu tetap sehat. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral dapat membantu mengurangi jerawat. Juga, konsumsi suplemen vitamin yang dianjurkan oleh dokter juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajahmu.

BACA JUGA:  Axis Y untuk Bekas Jerawat

5. Jauhkan Diri dari Stress

Stress adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda merasa stres, cobalah untuk melakukan olahraga atau aktivitas lain yang dapat menenangkan pikiran Anda. Juga, cobalah untuk beristirahat yang cukup setiap hari agar tubuhmu bisa meregenerasi diri.

6. Jangan Gatal-Gatal

Ketika jerawat muncul, rasanya pasti mengganggu dan ingin segera dihilangkan. Namun, jangan gatal-gatal atau menyentuh jerawat tersebut. Hal ini akan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah dan akan membuat kulit wajahmu lebih kasar.

7. Gunakan Produk Perawatan Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat yang parah, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang dianjurkan oleh dokter. Produk ini dapat membantu mengurangi jerawat dan menjaga kulit wajah tetap bersih. Gunakan produk perawatan jerawat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

8. Gunakan Vitamin C

Vitamin C sangat berguna untuk mengurangi masalah jerawat. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Anda dapat menemukan vitamin C dalam bentuk serum atau produk perawatan kulit lainnya. Gunakan produk ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

9. Cuci Wajah Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, pastikan untuk segera membersihkan wajahmu dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Olahraga yang berlebihan dapat membuat kulit wajah berminyak dan berjerawat. Jadi, pastikan Anda segera mencuci wajah setelah berolahraga untuk menghindari masalah jerawat.

10. Perhatikan Kebiasaan Tidur Anda

Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat menyebabkan permasalahan jerawat. Pastikan untuk tidur cukup setiap malam dan jangan terlalu banyak menonton televisi atau bermain game sebelum tidur. Hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan kulit wajahmu.

BACA JUGA:  Berapa Lama Bekas Jerawat Pih Hilang?

Kesimpulan

Mengatasi masalah jerawat saat puber tidaklah mudah. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat dan rutin, Anda akan dapat mengurangi masalah jerawat dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Saat Puber