Cara Menghilangkan Jerawat Pustule

Cara Menghilangkan Jerawat Pustule
Source: bing.com

Jerawat pustule adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum. Ini adalah jerawat yang berbentuk kecil, membengkak, berisi nanah, dan berwarna kemerahan. Meskipun banyak orang didorong untuk mencubit jerawat pustule, hal ini sebenarnya dapat menyebabkan luka bakar, meninggalkan bekas luka, dan bahkan menyebabkan infeksi. Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat pustule.

Mencuci Wajah Secara Teratur

Mencuci wajah secara teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah jerawat pustule. Mencuci wajah Anda setiap hari akan membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda dapat menggunakan sabun wajah dalam air hangat atau air panas. Pastikan untuk mencuci wajah Anda selama tidak kurang dari 10 detik untuk memastikan semua kotoran dan bakteri terangkat. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk membantu menutup pori-pori.

Menggunakan Masker

Masker dapat membantu dalam menghilangkan jerawat pustule secara alami. Anda dapat membuat masker dengan berbagai bahan alami seperti anggur, kentang, mentimun, atau yogurt. Masker ini akan membantu mengurangi kemerahan dan mengempeskan jerawat pustule. Anda juga dapat membeli masker khusus yang dapat membantu mengurangi jerawat pustule. Pastikan untuk menggunakannya setiap hari atau setidaknya 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menggunakan Obat Jerawat

Jika Anda mencari cara cepat untuk menghilangkan jerawat pustule, Anda dapat menggunakan obat jerawat. Obat jerawat dapat membantu mengurangi kemerahan dan menghilangkan jerawat pustule dengan cepat. Anda dapat membeli obat jerawat di apotek atau toko obat. Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian dengan cermat dan ikuti semua petunjuk yang disebutkan.

BACA JUGA:  Obat Dalam Jerawat Paling Ampuh

Menggunakan Minyak Alami

Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak teh hijau dapat membantu menghilangkan jerawat pustule. Minyak tersebut dapat melembabkan kulit dan membantu menghilangkan kemerahan. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak secara merata di seluruh wajah. Biarkan minyak meresap ke dalam kulit selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Menggunakan Alat Pembersih Wajah

Alat pembersih wajah seperti kawat atau kuas pembersih wajah dapat membantu membersihkan wajah Anda dengan lebih dalam. Dengan menggunakan alat pembersih wajah, Anda akan dapat membersihkan pori-pori dan kulit lebih baik. Alat ini juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah jerawat pustule dari muncul.

Menggunakan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral dapat membantu menghilangkan jerawat pustule dengan cara yang alami. Vitamin A, E, dan C dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kemerahan. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tersebut atau mengonsumsi suplemen vitamin yang dianjurkan oleh dokter.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit seperti scrub, toner, dan krim malam dapat membantu menghilangkan jerawat pustule. Produk ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan menutrisi kulit untuk membantu mengurangi kerusakan akibat jerawat pustule. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar mendapatkan hasil yang optimal.

Menghindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti coklat, gorengan, dan makanan ringan dapat membuat jerawat pustule lebih buruk. Untuk itu, hindari makanan berlemak agar Anda dapat menghilangkan jerawat pustule dengan lebih cepat. Selain itu, konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan protein untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA:  Buah untuk Jerawat yang Efektif dan Sesuai Usia

Kesimpulan

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda dapat dengan cepat menghilangkan jerawat pustule. Ingatlah untuk rutin menjaga kesehatan kulit dengan mencuci wajah secara teratur dan menggunakan produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan pola makan sehat dan hindari makanan berlemak untuk mendapatkan hasil yang optimal.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Pustule