cara menghilangkan jerawat papule

Cara Menghilangkan Jerawat Papule
Source: bing.com

Cara Menghilangkan Jerawat Papule

Jerawat papule adalah jenis jerawat yang paling umum ditemukan. Ini disebabkan oleh kelenjar minyak pada kulit yang terhambat, yang menyebabkan infeksi oleh bakteri Propionibacterium acnes. Papule sering terasa sedikit menonjol dari permukaan kulit dan dapat menjadi merah, lebih gelap, atau bahkan lebih terang dari warna kulit sekitar. Sebagian besar papule berdiameter 0,5-2 mm.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat papule. Beberapa dari mereka adalah:

1. Penggunaan Topikal

Pengobatan topikal adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengatasi jerawat papule. Topikal biasanya berupa produk krim, gel, atau obat oles yang ditujukan untuk mengobati jerawat. Produk ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi produksi minyak, dan mencegah infeksi.

2. Laser Jerawat Papule

Laser yang digunakan untuk jerawat papule adalah sejenis laser yang disebut laser terapeutik. Ini bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan sel-sel kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat. Laser terapeutik dapat membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi produksi minyak, dan mencegah infeksi. Ini juga dapat membantu mengobati bekas luka yang mungkin ditinggalkan oleh jerawat.

3. Obat Oral

Obat oral juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat papule. Ini termasuk antibiotik, seperti minyak ikan, minyak biji labu, dan minyak zaitun. Obat oral ini dapat membantu mengurangi produksi minyak, mengurangi infeksi, dan membantu mengobati jerawat. Namun, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat oral ini.

BACA JUGA:  Bagaimana Akibat Ada Jerawat?

4. Alat Pembersih

Alat pembersih wajah yang tepat juga dapat membantu mengurangi jerawat papule. Ini melibatkan penggunaan produk khusus yang dirancang untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri. Alat pembersih ini bisa menjadi krim, gel, atau scrub yang Anda gunakan setiap hari atau setiap beberapa hari.

5. Obat Herbal

Obat herbal juga dapat membantu mengobati jerawat papule. Beberapa obat herbal yang sering digunakan termasuk biji labu, minyak zaitun, dan teh hijau. Obat herbal ini dapat membantu mengurangi produksi minyak, mengurangi infeksi, dan membantu mengobati jerawat. Namun, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat herbal ini.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi jerawat papule. Anda harus berusaha untuk mendapatkan setidaknya delapan jam tidur setiap malam, dan mencoba untuk tidur di waktu yang sama setiap hari. Tidur juga dapat membantu mengurangi stres, yang dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

7. Hidrasi

Minum cukup air juga dapat membantu mengurangi jerawat papule. Air dapat membantu menghilangkan racun dan bahan kimia dari tubuh Anda dan membantu menjaga kulit Anda tetap lembab dan elastis. Anda harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk membantu mencegah jerawat.

8. Diet Sehat

Mengikuti diet sehat juga dapat membantu mengurangi jerawat papule. Diet sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran, dan banyak protein yang rendah lemak dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Juga, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula, karena makanan ini dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat.

9. Hindari Merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk jerawat papule. Merokok dapat menyebabkan kulit menjadi kering, memperburuk infeksi, dan meningkatkan produksi minyak. Jadi, jika Anda merokok, Anda harus berhenti untuk membantu mencegah jerawat papule.

BACA JUGA:  Manfaat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

10. Perlindungan Sinar Matahari

Sinaran matahari juga dapat memperburuk jerawat papule. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, memperburuk infeksi, dan meningkatkan produksi minyak. Oleh karena itu, Anda harus selalu menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi sebelum berada di luar untuk membantu mencegah jerawat.

Kesimpulan

Jerawat papule adalah jenis jerawat yang paling umum ditemukan. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat papule, termasuk pengobatan topikal, laser terapeutik, obat oral, alat pembersih, obat herbal, istirahat yang cukup, hidrasi, diet sehat, tidak merokok, dan perlindungan sinar matahari. Namun, jika Anda memiliki waktu yang lama untuk jerawat papule, Anda harus berbicara dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Videocara menghilangkan jerawat papule