Cara Menghilangkan Jerawat Papula

Cara Menghilangkan Jerawat Papula
Source: bing.com

Jerawat papula adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh akumulasi minyak dan sel kulit mati di pori-pori. Jenis jerawat ini biasa muncul di bagian wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat papula biasanya berwarna merah dengan bentuk menonjol seperti benjolan kecil. Meskipun terlihat menyebalkan, jenis jerawat ini mudah dihilangkan dengan cara yang tepat.

Cara Menghilangkan Jerawat Papula

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat papula:

1. Gunakan Sabun Yang Cocok

Saat membersihkan wajah, pastikan Anda menggunakan sabun yang tepat untuk jenis kulit Anda. Gunakan sabun yang mengandung kadar pH yang rendah dan bisa membantu mengurangi produksi minyak. Selain itu, pastikan bahwa sabun yang Anda gunakan tidak mengandung komponen yang bersifat iritasi atau menyebabkan iritasi.

2. Gunakan Facial Cleanser

Selain menggunakan sabun, Anda juga dapat menggunakan facial cleanser untuk membersihkan wajah. Facial cleanser yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat bisa membantu menghilangkan jerawat papula. Anda juga dapat menggunakan scrub atau masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, atau aloe vera.

3. Gunakan Obat Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat papula yang parah, Anda dapat menggunakan obat jerawat yang tersedia di apotek. Ini bisa berupa obat topikal atau obat oral. Obat topikal yang dapat Anda gunakan adalah benzoil peroksida, salisilat, atau asam retinoat. Obat oral yang dapat Anda gunakan adalah antibiotik atau isotretinoin. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat jerawat.

BACA JUGA:  Apakah Lidah Buaya Bisa Menyembuhkan Jerawat?

4. Gunakan Masker Jerawat

Masker jerawat dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Masker ini tersedia dalam berbagai jenis dan diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Masker ini biasanya mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, atau aloe vera. Anda dapat membeli masker jerawat di toko kosmetik atau di toko online.

5. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Cuka apel memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membantu mengurangi produksi minyak dan bakteri di wajah. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan cuka apel dengan dua sendok makan air, lalu usapkan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

6. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya adalah dengan merebus satu sendok teh hijau dalam segelas air panas, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan airnya ke dalam wadah, lalu usapkan pada wajah Anda dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

7. Gunakan Masker Yogurt

Yogurt adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Yogurt mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan yogurt dengan satu sendok makan madu, lalu usapkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

8. Gunakan Masker Tomat

Tomat adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Tomat mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya adalah dengan mencampur satu buah tomat yang sudah diparut dengan satu sendok makan madu, lalu usapkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Air Panas

9. Gunakan Masker Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Oatmeal mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan air hangat, lalu usapkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

10. Gunakan Masker Kentang

Kentang adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat papula. Kentang mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan kentang yang sudah diparut dengan satu sendok makan madu, lalu usapkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat papula. Agar jerawat papula Anda cepat hilang, pastikan Anda secara teratur membersihkan wajah Anda dan menjaga pola makan yang sehat. Jika masih ada jerawat yang tersisa, Anda dapat menggunakan obat jerawat yang tersedia di apotek.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Papula