Cara Menghilangkan Jerawat Kista

Cara Menghilangkan Jerawat Kista
Source: bing.com

Jerawat kista adalah jenis jerawat yang berbeda dari jerawat biasa. Biasanya berupa benjolan merah kebiruan yang terasa nyeri di kulit. Kista ini tidak hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga bisa menyebabkan komplikasi lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat kista.

Apa itu Jerawat Kista?

Jerawat kista adalah jenis jerawat yang berbeda dari jerawat biasa. Ini biasanya disebabkan oleh kondisi kulit yang tak sehat, seperti produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, dan penumpukan bakteri. Kista terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menumpuk di dalam pori-pori dan menyebabkan peradangan. Ini dapat menyebabkan benjolan yang keras dan merah pada kulit yang sering terasa sakit ketika disentuh.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Kista?

Kebanyakan jenis jerawat kista dapat disembuhkan dengan perawatan kulit di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat kista:

1. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Diperkaya Dengan Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi keradangan dan menghilangkan jerawat kista. Anda dapat menemukan produk perawatan kulit diperkaya vitamin A di apotek. Gunakan produk ini sesuai petunjuk dan pastikan untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit Anda.

2. Gunakan Masker Dari Bahan Alami

Masker dari bahan alami seperti bubuk teh hijau, madu, dan jus lemon dapat berfungsi sebagai pembersih alami yang efektif. Masker ini dapat membantu membersihkan kulit dengan lembut, mengurangi produksi minyak, dan membantu mengurangi jerawat kista.

BACA JUGA:  Cara Menyembuhkan Wajah yang Rusak akibat Jerawat

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Menggunakan Salicylic Acid

Salicylic acid adalah bahan aktif yang dapat membantu membersihkan pori-pori dengan lembut, mengurangi produksi minyak, dan membantu mengurangi jerawat kista. Anda dapat menemukan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid di apotek.

4. Kurangi Stres

Stres dapat menyebabkan produksi hormon yang menyebabkan peradangan pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mencoba mengurangi stres dengan rutinitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berjalan-jalan di alam bebas.

5. Hindari Produk Perawatan Kulit Berminyak dan Komedogenik

Produk perawatan kulit berminyak dan komedogenik dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat kista. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang ringan dan tepat untuk jenis kulit Anda.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat kista tetapi masih belum memperoleh hasil yang diinginkan, maka Anda mungkin harus mencari bantuan medis. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk masalah jerawat Anda. Beberapa jenis perawatan yang biasanya diresepkan oleh dokter antara lain krim antibiotik, pengelupasan kulit, dan obat oral.

Conclusion

Jerawat kista adalah jenis jerawat yang berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat kista. Anda dapat mencoba berbagai cara perawatan kulit di rumah seperti menggunakan produk perawatan kulit diperkaya dengan vitamin A, menggunakan masker dari bahan alami, gunakan produk perawatan kulit yang menggunakan salicylic acid, kurangi stres dan hindari produk perawatan kulit berminyak dan komedogenik. Namun jika Anda belum memperoleh hasil yang diinginkan, maka Anda mungkin harus mencari bantuan medis untuk mengobati jerawat kista.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat Kecil2

VideoCara Menghilangkan Jerawat Kista