Cara Menghilangkan Jerawat Hormonal Secara Efektif

Cara Menghilangkan Jerawat Hormonal Secara Efektif
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah yang dihadapi oleh hampir semua orang. Terutama bagi mereka yang sudah berusia di atas 20 tahun. Jerawat yang disebabkan oleh hormon disebut jerawat hormonal. Jerawat hormonal ini bisa terjadi pada wanita maupun pria. Jenis jerawat ini biasanya terjadi pada daerah wajah, leher, punggung dan dada. Karena biasanya jerawat hormonal ini berkembang di area kulit yang berminyak. Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat hormonal adalah dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Tips Mengatasi Jerawat Hormonal

1. Gunakan Produk Skincare yang Tepat – Untuk mengatasi jerawat hormonal, Anda harus menggunakan produk skincare yang tepat. Sebaiknya Anda gunakan produk yang dapat mengurangi minyak berlebih dan membantu mengurangi jerawat. Produk yang dapat Anda gunakan termasuk sabun wajah, toner, pelembab, dan exfoliator. Pastikan bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

2. Gunakan Masker Wajah – Masker wajah dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengurangi jerawat. Anda dapat memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Masker wajah yang mengandung bahan alami seperti air teh hijau, madu, atau lemon adalah pilihan yang baik. Gunakan masker wajah ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kurangi Stress – Stress adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan produksi hormon dalam tubuh meningkat. Akibatnya, jerawat hormonal dapat muncul di kulit. Untuk mengurangi stres, Anda dapat melakukan olahraga, berolahraga, atau mengambil waktu untuk beristirahat. Ini akan membantu mengurangi produksi hormon dalam tubuh Anda.

BACA JUGA:  Mengatasi Jerawat di Kepala Banyak

4. Minum Air Putih – Minum air putih secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat. Air putih dapat membantu membersihkan kulit dari zat berbahaya yang dapat menyebabkan jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Makan Makanan Sehat – Makan makanan yang bergizi adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi jerawat. Makanan yang bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi produksi hormon. Makanan sehat yang dapat Anda konsumsi adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

6. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid – Salicylic acid adalah bahan yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid seperti sabun wajah, toner, atau pelembab. Pastikan bahwa produk ini juga mengandung bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara Lain Mengatasi Jerawat Hormonal

7. Gunakan Vitamin C – Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu membersihkan kulit dari zat berbahaya. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi produksi hormon. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, tomat, dan kiwi.

8. Menggunakan Obat-obatan – Ada beberapa obat-obatan yang dapat membantu mengatasi jerawat hormonal. Obat-obatan tersebut biasanya berupa krim atau suntikan. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

9. Gunakan Topikal Retinoid – Topikal retinoid adalah bahan yang dapat membantu mengurangi jerawat. Anda dapat membeli produk yang mengandung topikal retinoid di apotek atau toko obat. Namun, sebelum menggunakan produk ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

10. Gunakan Obat Herbal – Ada beberapa obat herbal yang dapat membantu mengatasi jerawat. Contohnya adalah minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jojoba. Anda dapat menggunakan minyak ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:  Manfaat Johnson Baby Bath untuk Jerawat

Kesimpulan

Jerawat hormonal adalah masalah yang sering dihadapi oleh orang dewasa. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat hormonal ini, seperti menggunakan produk skincare yang tepat, menggunakan masker wajah, mengurangi stres, minum air putih, makan makanan sehat, menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, dan menggunakan obat-obatan. Anda juga dapat menggunakan vitamin C, topikal retinoid, atau obat herbal untuk mengatasi jerawat hormonal. Namun, sebelum menggunakan produk atau obat tersebut, sebaiknya Anda berdiskusi dulu dengan dokter.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Hormonal Secara Efektif