Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jahe

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jahe
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh banyak orang, terutama pada usia remaja. Meskipun sering kali disebabkan oleh faktor hormonal, jerawat juga bisa disebabkan oleh polusi, produk kosmetik, stres, atau tidak cukup istirahat. Bagi orang yang mengalami masalah jerawat, memiliki pemahaman tentang cara menghilangkan jerawat dengan jahe bisa sangat membantu.

Apa Itu Jahe?

Jahe (Zingiber officinale) adalah sejenis tanaman berumbi yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini banyak dikonsumsi dalam bentuk bubuk, teh, atau minuman. Jahe juga banyak digunakan sebagai bumbu masak di seluruh dunia. Selain sebagai bumbu masak, jahe juga banyak digunakan untuk tujuan kesehatan seperti mengatasi sakit kepala, mual, muntah, diare, dan bahkan masalah kulit seperti jerawat.

Kandungan Jahe yang Dapat Menghilangkan Jerawat

Jahe mengandung senyawa kimia yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan. Gingerol juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Studi menunjukkan bahwa jahe juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih di wajah yang menyebabkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jahe

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan jahe:

1. Masker Jahe

Masker jahe adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghilangkan jerawat. Untuk membuat masker jahe, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan jahe bubuk dengan segelas air hangat. Aduk rata dan aplikasikan pada wajah. Biarkan masker itu mengering dan kemudian bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:  Masker Innisfree Sheet Mask untuk Jerawat

2. Tonik Wajah Jahe

Selain itu, Anda juga bisa membuat tonik wajah jahe sendiri. Caranya, tambahkan satu sendok makan jahe bubuk atau teh jahe ke dalam segelas air hangat. Aduk rata dan biarkan hingga dingin. Gunakan tonik ini untuk mencuci wajah Anda setiap hari. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

3. Minuman Jahe

Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengonsumsi minuman jahe untuk membantu menghilangkan jerawat. Anda bisa membuat teh jahe dengan menambahkan sepotong jahe kering ke dalam air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian minum. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu dan lemon untuk rasa yang lebih enak.

Kesimpulan

Jahe merupakan bahan alami yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Dengan menggunakan masker jahe, tonik wajah jahe, atau minuman jahe, Anda dapat mengurangi jerawat dan memperbaiki kondisi kulit wajah Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan wajah dan pola makan sehat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

VideoCara Menghilangkan Jerawat dengan Jahe