Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Pipi

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Di Pipi
Source: bing.com

Jerawat bruntusan di pipi adalah masalah umum bagi mereka yang berusia di antara 15 hingga 30 tahun. Jerawat ini dapat menimbulkan masalah kepercayaan diri dan juga mungkin menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan. Sebelum mencari tahu cara menghilangkan jerawat bruntusan di pipi, penting untuk memahami penyebab jerawat ini.

Apa Penyebab Jerawat Bruntusan di Pipi?

Jerawat bruntusan di pipi disebabkan oleh minyak berlebihan dan kotoran yang masuk ke pori-pori. Bila kulit tidak dibersihkan secara teratur, sebum bisa menumpuk di pori-pori, yang menyebabkan jerawat. Pori-pori yang tersumbat juga dapat menyebabkan bakteri berkembang di kulit. Bakteri ini bisa menyebabkan peradangan, yang menghasilkan jerawat obat bruntusan. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko jerawat bruntusan di pipi termasuk stres, obat tertentu, kondisi cuaca dan bahkan beberapa makanan.

Tahap Pertama: Membersihkan Wajah dengan Aman

Untuk menghilangkan jerawat bruntusan di pipi, pertama-tama Anda harus membersihkan wajah dengan benar. Gunakan sabun wajah yang khusus dirancang untuk kulit Anda, dan jangan lupa untuk menggunakan air hangat, bukannya air panas. Jangan terlalu keras ketika membersihkan wajah Anda, karena ini dapat membuat masalah jerawat semakin buruk. Setelah membersihkan wajah Anda, pat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

BACA JUGA:  Apakah Coklat Membuat Jerawat?

Tahap Kedua: Gunakan Produk Pencuci Wajah yang Mengandung Salicylic Acid

Produk pencuci wajah yang mengandung asam salisilat adalah produk yang dapat membantu mengurangi jumlah minyak di wajah Anda. Produk ini juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu mencegah pembentukan jerawat. Jika Anda mengalami iritasi atau alergi terhadap asam salisilat, cobalah menggunakan produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat.

Tahap Ketiga: Jaga Kulit Tetap Lembab dan Bebas Minyak

Kulit yang kering akan memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat bruntusan di pipi, pastikan untuk menjaga kulit Anda tetap lembab dan bebas minyak. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Juga pastikan untuk membuang make up Anda sebelum tidur.

Tahap Keempat: Gunakan Produk yang Mengandung Vitamin A

Produk yang mengandung vitamin A, seperti retinol, dapat membantu mengurangi jumlah jerawat di wajah. Produk ini dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah dan juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan produk ini dengan hati-hati, karena dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada beberapa orang.

Tahap Kelima: Gunakan Obat Jerawat yang Dapat Dibeli di Apotek

Anda juga dapat menggunakan obat jerawat yang dapat dibeli di apotek untuk mengobati jerawat bruntusan di pipi. Beberapa obat jerawat yang populer termasuk adapalene, benzoil peroksida dan asam salisilat. Anda juga dapat menggunakan produk yang mengandung bahan alami seperti tea tree oil, aloe vera dan bahan lainnya. Pastikan untuk membaca label produk dengan seksama sebelum membelinya.

Tahap Keenam: Jangan Sentuh Jerawat Anda

Meskipun tampaknya menjadi sesuatu yang menggoda, jangan pernah sentuh jerawat Anda. Ini akan membuat jerawat semakin parah dan juga dapat menyebabkan infeksi. Jika Anda harus membersihkan jerawat Anda, pastikan untuk menggunakan jari yang bersih dan produk yang disarankan oleh dokter Anda.

BACA JUGA:  Harga Penghilang Bekas Jerawat

Tahap Ketujuh: Cobalah Akupunktur

Akupunktur adalah cara alami untuk mengobati jerawat bruntusan di pipi. Akupunktur membantu meningkatkan aliran darah ke wajah dan juga dapat membantu mengurangi produksi minyak. Perawatan akupunktur dapat membantu mengurangi jerawat dan juga dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan.

Tahap Kedelapan: Konsumsilah Makanan Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu mengurangi jerawat bruntusan di pipi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah dan sayuran. Makanan yang tinggi akan lemak dan gula juga dapat memperburuk masalah jerawat. Juga pastikan untuk minum banyak air setiap hari.

Tahap Sembilan: Cobalah Penyembuhan Alternatif

Penyembuhan alternatif seperti meditasi dan terapi herbal juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat bruntusan di pipi. Penyembuhan alternatif ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba terapi ini.

Kesimpulan

Meskipun jerawat bruntusan di pipi dapat menimbulkan masalah ketika datang ke kepercayaan diri, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda dengan benar, gunakan produk pencuci wajah yang mengandung salicylic acid dan jaga kulit tetap lembab. Anda juga dapat menggunakan obat jerawat, akupunktur atau penyembuhan alternat

VideoCara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Pipi