Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah

Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah
Source: bing.com

Jerawat bernanah adalah jenis jerawat yang paling sering dialami oleh para remaja. Jerawat ini biasanya berwarna merah dan dapat menimbulkan rasa sakit. Jerawat bernanah juga disertai dengan bengkak dan nanah. Bagi yang memiliki masalah jerawat bernanah, cara mengatasinya adalah dengan mengetahui cara menghilangkan jerawat bernanah dengan benar.

Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah dengan Baik

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat bernanah dengan benar:

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Pembersihan wajah adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan jerawat bernanah. Mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari membantu menghilangkan sel kulit mati, serta debu dan kotoran yang menempel di wajah. Pilihlah sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Juga, hindari menggosok wajah Anda terlalu keras karena dapat memicu munculnya jerawat.

2. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Salicylic acid adalah bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Anda bisa menemukan produk kosmetik yang mengandung salicylic acid dan gunakan secara teratur setiap hari. Gunakan produk ini sesuai petunjuk pada kemasan. Hindari menggunakan produk ini terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

3. Gunakan Masker Jerawat

Masker jerawat dapat membantu menghilangkan jerawat bernanah. Ada berbagai macam masker jerawat yang tersedia di pasaran, mulai dari masker kulit teh hijau hingga masker yang mengandung bahan alami seperti biji pala. Gunakan masker ini secara teratur sesuai petunjuk pada kemasan dan lihat perbedaan yang Anda rasakan.

BACA JUGA:  Tips Mengatasi Jerawat di Bawah Pipi Kanan

4. Gunakan Produk yang Mengandung Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide adalah bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan jerawat bernanah. Anda bisa menemukan produk kosmetik yang mengandung benzoyl peroxide dan gunakan secara teratur. Gunakan produk ini sesuai petunjuk pada kemasan. Hindari menggunakan produk ini terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

5. Jauhkan Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Kebanyakan orang sering mengabaikan paparan sinar matahari dalam menghilangkan jerawat. Namun, sinar UV dari matahari dapat memicu munculnya jerawat bernanah. Jadi, pastikan Anda menjauhkan wajah Anda dari sinar matahari. Usahakan untuk menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi juga dapat membantu menghilangkan jerawat bernanah. Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin A, C, dan E dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah jerawat. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

7. Hindari Merokok

Merokok dapat memicu munculnya jerawat bernanah. Asap rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga menghambat aliran darah ke kulit. Hal ini akan membuat kulit Anda kurang ternapasi dan lebih rentan terhadap infeksi. Jadi, jika Anda ingin menghilangkan jerawat bernanah, pastikan untuk menghindari merokok.

8. Gunakan Produk yang Mengandung Retinoid

Retinoid adalah bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan jerawat bernanah. Anda bisa menemukan produk kosmetik yang mengandung retinoid dan gunakan secara teratur setiap hari. Gunakan produk ini sesuai petunjuk pada kemasan. Hindari menggunakan produk ini terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

9. Gunakan Masker Teh Hijau

Masker teh hijau adalah alternatif alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat bernanah. Cara membuat masker teh hijau adalah dengan merebus 1-2 sendok teh hijau dalam air panas selama 10 menit. Setelah dingin, aplikasikan masker ini pada wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin.

BACA JUGA:  Obat Wayang untuk Jerawat

10. Gunakan Produk Anti-Jerawat

Anda juga dapat menemukan produk anti-jerawat di pasaran. Produk ini diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah jerawat bernanah. Biasanya, produk ini mengandung bahan aktif seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid. Gunakan produk ini sesuai petunjuk pada kemasan dan lihat perbedaan yang Anda rasakan.

Kesimpulan

Jerawat bernanah adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk menghilangkan jerawat bernanah, ada berbagai cara yang dapat dilakukan, seperti mencuci wajah secara teratur, menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid, menggunakan masker jerawat, menjauhkan wajah dari paparan sinar matahari, dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, hindari merokok dan gunakan produk anti-jerawat secara teratur. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan dalam waktu singkat.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Bernanah