Cara Menghilangkan Gatal di Punggung Seperti Jerawat

Cara Menghilangkan Gatal Di Punggung Seperti Jerawat
Source: bing.com

Gatal di punggung atau punggung yang berjerawat adalah masalah yang umum terjadi pada banyak orang, khususnya pada orang yang memiliki kulit berminyak. Gatal di punggung dapat berupa ruam kecil yang meradang atau jerawat yang terbentuk dari pori-pori kulit yang tersumbat. Ini adalah masalah yang mungkin perlu diatasi dengan cepat agar tidak lebih parah. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan gatal di punggung yang disebabkan oleh jerawat.

1. Gunakan Produk Pembersih yang Tepat

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan gatal di punggung adalah dengan menggunakan produk pembersih yang tepat. Penting untuk menggunakan produk yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Produk ini akan membersihkan kulit Anda dari kotoran dan minyak berlebih. Produk yang bisa Anda coba adalah sabun muka yang mengandung salicylic acid atau pembersih muka yang mengandung tea tree oil. Hindari produk pembersih yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan iritasi.

2. Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu menghilangkan gatal di punggung dengan mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih. Masker wajah yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah masker clay atau masker scrub. Masker clay dapat membantu menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori kulit. Masker scrub dapat membantu membersihkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati. Anda dapat menggunakan masker wajah 1-2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Topikal

Topikal adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan gatal di punggung. Topikal yang direkomendasikan untuk jerawat berminyak adalah yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Kedua bahan ini dapat membantu menurunkan minyak berlebih dan membersihkan pori-pori kulit. Topikal ini dapat digunakan secara teratur untuk membantu menghilangkan gatal di punggung.

BACA JUGA:  Masker Wajah Garnier untuk Jerawat

4. Hindari Menggunakan Pakaian Berat

Ketika mencoba menghilangkan gatal di punggung, penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau berat. Pakaian yang terlalu ketat atau berat dapat menyebabkan kulit terasa lebih gatal dan lembab. Sebaiknya gunakan pakaian yang lebih longgar dan menyerap keringat untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering.

5. Hindari Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Makanan yang menyebabkan jerawat dapat menyebabkan gatal di punggung. Makanan yang harus dihindari termasuk makanan yang tinggi lemak, makanan yang tinggi gula, dan makanan yang tinggi sodium. Hindari juga minuman yang mengandung banyak kafein karena dapat menyebabkan jerawat dan gatal-gatal di punggung.

6. Konsultasikan Dengan Dokter

Jika Anda mengalami masalah gatal di punggung yang tidak hilang, ada baiknya untuk menghubungi dokter. Dokter akan dapat memberi saran terbaik tentang bagaimana Anda dapat menghilangkan gatal di punggung Anda. Dokter juga akan dapat memberikan obat-obatan tertentu untuk membantu mengurangi gatal di punggung jika diperlukan.

Kesimpulan

Gatal di punggung yang disebabkan oleh jerawat adalah masalah yang umum terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan cepat dan mudah dengan menggunakan produk pembersih yang tepat, menggunakan masker wajah, menggunakan topikal, menghindari pakaian berat, dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Jika gatal di punggung Anda tidak hilang, ada baiknya untuk menghubungi dokter untuk saran dan bantuan lebih lanjut.

VideoCara Menghilangkan Gatal di Punggung Seperti Jerawat