Cara Menghilangkan Gatal di Muka Akibat Jerawat

Cara Menghilangkan Gatal Di Muka Akibat Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh remaja, terutama di usia sekolah. Meskipun ini mungkin tidak berbahaya, jerawat dapat menyebabkan perasaan malu dan tidak percaya diri. Selain itu, jerawat juga dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu di area yang terkena. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan gatal di wajah akibat jerawat.

1. Gunakan Sabun Pencuci Muka

Cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan gatal akibat jerawat adalah dengan mencuci wajah Anda dengan sabun pencuci muka. Carilah sabun yang khusus untuk kulit berjerawat dan yang bersifat antibakteri. Setelah mencuci wajah Anda, pastikan Anda mengeringkannya dengan lembut dan menghindari menggosoknya. Ini akan membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi gatal yang disebabkan olehnya.

2. Gunakan Alkohol

Cara lain untuk menghilangkan gatal di wajah akibat jerawat adalah dengan menggunakan alkohol. Anda dapat dengan mudah mendapatkan alkohol di apotik terdekat. Cara penggunaannya adalah dengan merendam kapas dalam alkohol, lalu mengoleskannya pada area yang gatal. Meskipun alkohol akan membantu mengurangi gatal, Anda harus berhati-hati karena dapat menyebabkan iritasi dan keringat pada kulit.

3. Gunakan Minyak Herbal

Minyak herbal juga bisa membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Minyak herbal seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak biji anggur bisa membantu menenangkan kulit iritasi. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak herbal pada area yang gatal. Biarkan minyak herbal meresap ke dalam kulit selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk mengurangi gatal akibat jerawat.

BACA JUGA:  Payudara Jerawat saat Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Gunakan Masker

Masker juga bisa membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Masker yang paling baik adalah masker yang mengandung anti-inflamasi seperti madu, labu, atau aloe vera. Carilah masker yang diformulasikan khusus untuk jerawat dan iritasi. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lap dengan kapas bersih. Lakukan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gunakan Produk Anti-Iritasi

Produk anti-iritasi juga bisa membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, minyak zaitun, atau minyak biji anggur. Oleskan produk ini pada area yang gatal, dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Produk anti-iritasi akan membantu menenangkan kulit iritasi dan mengurangi rasa gatal.

6. Gunakan Obat Anti-Inflamasi

Jika Anda merasa gatal yang disebabkan oleh jerawat sangat mengganggu, Anda dapat meminta saran dokter untuk menggunakan obat anti-inflamasi. Obat ini dapat membantu mengurangi gatal dan membantu mengurangi iritasi. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat ini dengan seksama dan mengikuti saran dokter untuk dosis yang tepat.

7. Gunakan Krim Penghilang Noda

Krim penghilang noda atau obat jerawat juga bisa membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan seperti sulfur, salicylic acid, atau benzoyl peroxide. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan produk ini dengan seksama dan mengikuti saran dokter untuk dosis yang tepat. Krim penghilang noda ini akan membantu membersihkan kulit dan mengurangi iritasi.

8. Gunakan Masker Dingin

Masker dingin juga bisa membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Carilah es batu atau kantong es khusus yang dapat diisi dengan air dingin. Lalu, tempelkan pada area yang gatal. Masker dingin ini akan membantu meredakan gatal dan mengurangi iritasi.

BACA JUGA:  Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

9. Hindari Pencahayaan Matahari Terlalu Berlebihan

Pastikan Anda juga menghindari pencahayaan matahari terlalu berlebihan. Matahari dapat memperburuk iritasi dan meningkatkan rasa gatal. Jika Anda harus beraktivitas di luar ruangan, pastikan Anda menggunakan tabir surya dan melindungi wajah Anda dengan topi atau syal.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat juga dapat membantu mengurangi gatal akibat jerawat. Makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti buah dan sayuran dapat membantu menenangkan kulit iritasi dan mengurangi rasa gatal. Juga, hindarilah makanan berlemak dan berminyak yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan menimbulkan iritasi.

Kesimpulan

Jerawat dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu di wajah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan gatal akibat jerawat. Mulai dari menggunakan sabun pencuci muka, minyak herbal, masker, obat anti-inflamasi, hingga konsumsi makanan sehat. Pastikan Anda juga menghindari paparan sinar matahari berlebihan untuk mengurangi iritasi pada kulit.

VideoCara Menghilangkan Gatal di Muka Akibat Jerawat