Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Banyak dari kita mencari cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Sebab, bekas jerawat memang menjadi momok bagi setiap orang, khususnya para kaum hawa. Metode alami banyak dipilih karena memang lebih aman dan bebas dari efek samping.

Pada dasarnya, banyak bahan alami di sekitar rumah yang dapat digunakan untuk membantu perbaikan kulit serta menghilangkan bekas jerawat. Simak semua bahan-bahan tersebut di bawah ini, kemudian cobalah aplikasikan untuk memperbaiki penampilan dan menyehatkan kulit wajah.

Rekomendasi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Apabila ditelusuri lebih jauh, bahan-bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat adalah bahan yang bisa dijumpai setiap hari. Penggunaan setiap bahan tersebut pun cukup mudah. Untuk ulasan selengkapnya terkait apa saja bahan dan langkahnya, simak daftar di bawah ini.

1. Menggunakan Kentang

Salah satu bahan alami yang memiliki kemampuan untuk mempercepat regenerasi kulit adalah kentang. Kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu proses pemulihan kulit akibat jerawat atau flek hitam.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan kentang bisa diawali dengan mengirisnya tipis-tipis. Usahakan kentang yang kamu pakai masih segar sehingga semua nutrisinya masih utuh. Tempelkan irisan kentang tadi di area bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit.

2. Menggunakan Mentimun

Sayuran ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan mentimun tidak jauh beda untuk menghilangkan kantung mata, yaitu mengirisnya tipis-tipis. Kemudian tempelkan potongan tersebut ke bagian bekas jerawat.

Biarkan semua nutrisi terserap oleh kulit paling tidak selama 30 menit. Bila dirasa sudah memenuhi batas tersebut, bilas dengan air dingin. Lakukan proses ini secara rutin paling tidak 3 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan Baking Soda

Siapa sangka baking soda ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang cukup membandel. Setelah digali lebih dalam, cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda bisa untuk membantu pengangkatan kulit mati melalui kandungan kristal sodium bikarbonat di dalamnya.

Cara pengaplikasiannya yakni dengan mencampurkan beberapa sendok baking soda dengan air. Jangan terlalu encer dalam melakukan pencampuran agar dapat menempelkan sempurna ke kulit. Setelah campuran tersebut mengental, oleskan ke bekas jerawat dan diamkan selama 2 menit.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya, Harus Coba

4. Menggunakan Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami nomor 4 adalah menggunakan lemon. Sari buah ini memiliki kandungan asam alpha-hydroxy Acid (AHA) yang mempunyai peranan untuk mempercepat penyembuhan kulit dan menghapus flek hitam di wajah.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan 2/3 buah lemon, kemudian belah menjadi dua. Peras hingga semua airnya keluar. Selanjutnya, oleskan air perasan tersebut pada area bekas jerawat dan tunggu sampai kering.

5. Menggunakan Gula pasir

Bahan alami kelima yang memiliki manfaat untuk membantu proses pengangkatan kulit mati yaitu gula pasir. Kandungan asam alpha-hydroxy Acid (AHA) dan asam glikolat di dalamnya mampu meningkatkan pertumbuhan jaringan baru serta membersihkan seluruh kulit mati yang ada.

Campur gula pasir dengan minyak zaitun memakai perbandingan 2:1. Selain itu, siapkan juga 5 tetes jus lemon, kemudian campurkan ketiganya sampai tercampur rata. Oleskan masker tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan minimal 15 menit.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Sebagai salah satu tanaman yang terkenal di bidang kesehatan, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan lidah buaya terbilang cukup efektif. Kamu pun tidak memerlukan banyak biaya untuk membeli bahan lainnya.

Kandungan zat aloin pada tanaman lidah buaya dapat menekan pertumbuhan melanin sebagai penyebab utama kulit menjadi gelap. Cara aplikasi lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat cukup dengan menghaluskan gel di dalamnya dan oleskan pada area bekas jerawat.

7. Menggunakan Madu

Madu juga masuk ke dalam daftar bahan yang direkomendasikan untuk mempercepat pertumbuhan kulit baru, menghilangkan bekas jerawat, serta mencegah infeksi. Hal ini disebabkan kandungan antibiotiknya yang cukup tinggi.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan madu murni. Pastikan madu yang kamu pakai asli agar proses penyembuhan berjalan sempurna. Selanjutnya, oleskan madu pada area bekas jerawat. Biarkan sampai madu mengering dan bilas dengan air hangat.

8. Menggunakan Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami nomor 8 yaitu memanfaatkan bawang merah. Selain manfaatnya sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa, sayuran ini ternyata memiliki peran yang vital untuk kesehatan dan perawatan agar awet muda.

Proses pengaplikasiannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memarut satu siung bawang merah. Kemudian, oleskan parutan tersebut ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan minimal selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Menggunakan Bawang putih

Bawang putih umumnya dikenal sebagai bumbu dapur dan keperluan masak-memasak, padahal ada manfaat lain untuk kesehatan. Unsur thiacremonon sulfur di dalamnya mempunyai sifat antibakteri yang berfungsi untuk mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat.

Cara pengaplikasiannya yaitu siapkan bawang putih secukupnya. Kemudian, masukkan semuanya ke dalam blender dan hancurkan sampai halus. Setelah tekstur menjadi halus sempurna oleskan ke area bekas jerawat dan biarkan minimal 2 menit. Bilas menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

10. Menggunakan Ampas Teh

Siapa sangka ampas teh yang sering dianggap sebagai limbah dapat dimanfaatkan sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan antioksidan yang tetap melekat di dalamnya dapat membantu proses regenerasi kulit dan perbaikan pada area bekas jerawat.

Siapkan satu kantung teh celup yang sudah diseduh atau digunakan. Buka pembungkusnya, kemudian oleskan ampas tersebut pada area bekas jerawat. Kamu tidak perlu membilas setelah ampas teh diangkat.

11. Menggunakan Es batu

Selain menyegarkan, es batu ternyata memiliki manfaat dalam perawatan kecantikan. Suhu dingin yang dihasilkannya dapat mengecilkan pori-pori dan membantu sirkulasi darah menjadi meningkat, sehingga proses penyembuhan bekas jerawat lebih cepat.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil beberapa es batu dari dalam freezer. Kemudian, oleskan es batu pada kulit yang terdapat bekas jerawat. Ulangi proses ini selama beberapa menit.

12. Menggunakan Bengkoang

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya adalah menggunakan buah bengkoang. Kalau kamu adalah orang yang sangat menjaga kesehatan kulit, tentu tidak asing dengan khasiat dan manfaat dari buah yang satu ini.

Aplikasi dari buah bengkoang untuk menghilangkan jerawat pun cukup mudah. Kamu cukup memarut buah bengkuang yang masih segar secukupnya. Tempelkan hasil parutan pada area bekas jerawat. Diamkan minimal 10 atau 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

13. Menggunakan Tomat

Bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat adalah tomat. Kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi mampu mengencangkan kulit dan membersihkan sisa jerawat. Cara pangaplikasiannya pun tidak rumit.

Cara penggunaannya adalah dengan mengiris beberapa buah tomat, kemudian tempelkan pada kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan setidaknya 10-15 menit untuk hasil maksimal. Apabila sudah mencapai waktu tersebut, bilas menggunakan air bersih.

14. Menggunakan Masker Yoghurt

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami nomor 15 yaitu menggunakan yoghurt. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mencampurkan yoghurt dengan berbagai buah segar dengan tujuan melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh kulit.

Penggunaan masker dari yoghurt dan buah-buahan ini dapat meringankan kulit yang rusak akibat dari luka bekas jerawat. Interval penggunaan yang disarankan adalah setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel.

15. Menggunakan Air Kelapa

Air kelapa juga masuk dalam daftar bahan alami yang mampu membantu prose penghilangan bekas jerawat membandel. Di samping itu, kamu juga akan mendapat manfaat lain berupa kulit yang lebih lembut. Pengaplikasiannya pun cukup sederhana, yaitu cuci muka dengan air kelapa.

16. Menggunakan Kulit Jeruk Kering

Tampaknya belum banyak orang yang mengetahui bahwa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk kering. Kalau kamu mau menggunakan bahan ini, maka lakukan penjemuran terlebih dahulu agar kering sempurna.

BACA JUGA:  Mengintip Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Dijamin Aman

Setelah dirasa kering, kulit jeruk dihaluskan sampai teksturnya menyerupai bubuk. Campur bubuk tersebut dengan sedikit susu untuk kemudian diaplikasikan sebagai masker. Masker ini akan membantu proses regenerasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.

17. Menggunakan Putih Telur

Pada proses perawatan atau penyembuhan kulit, putih telur harus dicampurkan dengan madu. Keduanya memiliki khasiat membuat wajah menjadi lebih kencang dan mulus. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada area bekas jerawat dan diamkan minimal 10 menit.

18. Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya yakni menggunakan cuka apel. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dipercaya ampuh untuk membantu pembersihan kulit dari sisa-sisa jerawat.

Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, tuangkan 2-3 sendok makan cuka apel kemudian campurkan dengan air secukupnya. Tambahkan madu ke dalam campuran tadi, lalu aduk kembali sampai merata. Oles ramuan tersebut pada wajah dan diamkan kurang lebih 30 menit.

19. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang sudah terkenal. Kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes ke seluruh permukaan wajah. Diamkan beberapa menit sampai nutrisi benar-benar meresap sambil dipijat ringan.

20. Menggunakan Pepaya

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya adalah menggunakan buah pepaya. Vitamin A dan papain yang cukup tinggi membuat buah ini mampu membantu perbaikan sel kulit lebih cepat.

Haluskan buah pepaya secukupnya menggunakan blender. Gunakan susu sebagai bahan campurannya. Setelah halus sempurna, gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 15 menit sampai nutrisi terserap sempurna.

21. Menggunakan Alpukat

Kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E, C, dan A di dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas kulit mati yang membandel. Buah alpukat juga memiliki khasiat untuk mencegah pigmentasi kulit.

22. Menggunakan Kunyit

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya yaitu menggunakan kunyit. Salah satu rempah tradisional ini dapat mencerahkan dan membantu pengelupasan kulit lebih cepat. Kandungan curcumin di dalamnya juga mempercepat proses penyembuhan luka.

23. Menggunakan Daun Mint

Salah satu bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar dengan mudah adalah daun mint. Vitamin A yang cukup tinggi membuat daun mint mampu mengendalikan adanya minyak yang berlebih. Selain itu, kulitmu akan lebih lembut.

24. Menggunakan Minyak kelapa

Bahan terakhir yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kulit yakni minyak kelapa. Cara hilangkan bekas jerawat secara alami melalui bahan ini sama dengan minyak zaitun. Kamu cukup mengoleskannya secara merata di seluruh wajah.

Karena semua bahan tersebut bersifat alami, maka perawatan harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dan sempurna. Semua alternatif cara menghilangkan bekas jerawat secara alami di atas bisa kamu coba di rumah.