Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Saat ini cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami sering dilakukan oleh banyak orang. Walaupun begitu, masih saja banyak yang belum berhasil melakukan cara alami ini.

Hal ini karena, menghilangkan bekas jerawat yang menghitam memerlukan waktu yang lama. Umumnya, memerlukan waktu 3 bulan sampai 2 tahun bekas jerawat hitam bisa hilang seutuhnya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Masker

Pada umumnya, orang menghilangkan bekas jerawat melalui masker alami. Ada berbagai macam masker alami yang bisa kamu gunakan. Berikut ini cara hilangkan bekas jerawat hitam dengan menggunakan masker alami.

  1. Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam pertama, kamu bisa menjadikan air perasan lemon sebagai masker. Berdasarkan, hasil studi Indian Dermatology Journal Online menyatakan bahwa kandungan vitamin C, ternyata bisa membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit.

Sementara itu, vitamin C juga termasuk substansi aktif yang akan bekerja untuk menurunkan pembentukan melanin penyebab adanya bekas jerawat hitam.

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya, dengan lidah buaya. Manfaat dari masker lidah buaya berguna menyembuhkan jerawat. Hasil riset Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery menjelaskan bahwa penggunaan lidah buaya yang dilakukan secara konsisten.

Ternyata bisa menjadi salah satu cara hilangkan bekas jerawat hitam, di mana dapat membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi stabil.

  1. Baking Soda

Berikutnya, ada baking soda yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami. Baking soda bermanfaat sebagai zat eksfolian yang dapat menyamarkan bekas jerawat. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Pertama, gunakan 2 sendok teh baking dan air secukupnya yang diletakkan dalam sebuah mangkuk. Kemudian, aduk rata hingga menjadi pasta masker.
  • Selanjutnya, kamu bisa menghaluskan permukaan kulit yang ada bekas jerawat hitamnya. Kemudian, diamkan selama beberapa menit, bilaslah dengan air hangat.
  • Selanjutnya, lakukan cara ini secara rutin selama beberapa minggu agar bisa membantu menyamarkan bekas jerawat.
  1. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami. Sifat antioksidan dan anti radang yang terkandung di dalamnya ternyata bisa meningkatkan kesehatan kulit.

  • Untuk penggunaannya, kamu dapat mencampurkan 1-2 sendok teh bubuk kunyit serta ½ perasan air lemon. Aduk semuanya hingga merata sampai teksturnya berubah pasta.
  • Kemudian, bisa oleskan masker alami penghilang jerawat pada semua wajah, terutama area kulit yang ada bekas jerawatnya.
  • Selanjutnya, diamkan sekitar 30 menit, bilaslah dengan bersih bila sudah selesai. Kamu bisa melakukannya sehari sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal.
BACA JUGA:  Faktor Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Jenis-jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam, ternyata ada beberapa jenis bekas jerawat yang harus diketahui. Beberapa jenis bekas jerawat ini bisa untuk wajah kamu.

  1. Bekas Luka Atrofi

Umumnya, bekas jerawat atrofi terjadi apabila ada jaringan kulit yang menghilang. Jaringan parut ini terdiri atas tiga bagian, yakni.

  • Ice pick merupakan bekas jerawat yang sama seperti dengan alat pemecah es. Bekas jerawat ini mempunyai cekungan yang dalam, sampai mencapai lapisan dermis, yang berbentuk huruf V.
  • Boxed scar merupakan bekas jerawat yang tidak terlalu dalam, namun mempunyai ukuran yang jauh lebih lebar.
  • Bahkan, mempunyai batas yang tegas sama seperti sebuah kotak. Luka ini biasanya diakibatkan karena rusaknya kolagen dan hilangnya jaringan pada kulit.
  • Rolling scar, merupakan bekas jerawat yang akan membuat tekstur kulit sama seperti berombak. Posisinya jauh lebih dangkal dan sering terjadi sesudah mengalami jerawat dalam jangka waktu yang cukup lama.
  1. Bekas Luka Hipertrofik

Umumnya, bekas luka hipertrofik dikenal sebagai keloid, yaitu bekas luka yang berwarna gelap dan sama seperti benjolan. Keadaan ini biasanya akan terbentuk saat kulit tidak sengaja menciptakan terlalu banyak sel. Di mana ketika sedang berusaha memperbaiki malahan sel kulit rusak akibat adanya peradangan.

  1. Bekas Luka Hiperpigmentasi

Jenis bekas jerawat ini dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit, namun tidak berbentuk bekas luka. Keadaan seperti ini disebabkan oleh adanya peradangan yang membuat kulit dapat memproduksi melanin dalam jumlah yang banyak. Bekas jerawat ini memerlukan waktu 1-2 tahun untuk menghilang bila tidak dirawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Rekomendasi Dokter

Apabila masker alami tidak berhasil berhasil menyembuhkan, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter guna memperoleh cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara tepat. Biasanya, dokter akan merekomendasikan produk perawatan kulit sampai tindakan medis tertentu, supaya bekas jerawat bisa hilang secepatnya.

Salah satu cara hilangkan bekas jerawat hitam, rekomendasi dari dokter adalah menggunakan produk perawatan kulit. Terdapat berbagai macam kandungan dalam produk perawatan kulit yang dipercaya bisa menghilangkan noda hitam di pipi. Berbagai kandungan yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yaitu:

  1. Alpha hydroxy acids (AHA)

AHA termasuk salah satu kandungan pada produk perawatan kulit yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat hitam.

Kandungan yang ada dalam AHA bisa mengangkat sel kulit mati, di mana akan mengelupas lapisan kulit paling luar yang terlihat lebih gelap atau kasar. Bahkan, AHA inilah yang bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat pada pipi.

  1. Retinoid

Retinoid juga sering digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam. Bahkan, hasil penelitian telah menyatakan bahwa cara kerja dari retinoid yaitu meningkatkan tekstur kulit.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain itu, juga mempercepat regenerasi sel kulit, meratakan warna kulit, sampai menyamarkan noda bekas jerawat. Namun, penggunaan dari retinoid ternyata bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya secara rutin saat kamu ingin menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid.

  1. Asam Salisilat

Beberapa produk perawatan bekas jerawat juga sudah mengandung asam salisilat. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan memanfaatkan asam salisilat yakni dapat membantu mengelupas kulit.

Namun, serupa dengan produk perawatan bekas jerawat lainnya, penggunaan dari asam salisilat memerlukan waktu beberapa minggu agar dapat melihat hasilnya secara optimal.

Penggunaan dari asam salisilat juga bisa menimbulkan efek samping, salah satunya iritasi dan kulit kering. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik kulit sensitif maka disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit ini hanya pada kulit yang berjerawat saja.

Penyebab Bekas Jerawat menjadi Hitam

Setelah kamu mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam di atas, selanjutnya harus mengetahui beberapa penyebab adanya bekas jerawat di sekitar wajah. Umumnya, terdapat beberapa penyebab bekas jerawat hitam, yaitu:

  1. Sering Menyentuh atau Memencet Jerawat

Salah satu penyebab sering munculnya bekas jerawat hitam yaitu kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat. Apalagi jika dilakukan dengan menggunakan jari tangan yang tidak dibersihkan secara benar.

Ketika kamu memencet atau menyentuh jerawat, maka risiko terjadinya iritasi kulit akan semakin parah. Hal inilah yang akan meninggalkan bekas jerawat menghitam dan sulit dihilangkan.

  1. Berkurangnya Produksi Kolagen

Umumnya, bekas jerawat hitam yang menghitam bisa saja muncul jika produksi kolagen pada kulit menjadi berkurang. Berdasarkan American Academy of Dermatology, keadaan seperti ini bisa saja dialami seiring bertambahnya umur seseorang.

Kegunaan kolagen sendiri berperan dalam proses penyembuhan kulit yang sedang berjerawat. Namun, bisa saja kulit menghasilkan kolagen yang sedikit sehingga akan menimbulkan bekas jerawat.

  1. Meningkatnya Produksi Melanin

Meningkatnya produksi melanin pada kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab bekas jerawat menghitam muncul. Pada saat jerawat meradang, proses ini akan diikuti dengan regenerasi atau terbentuknya sel kulit baru.

Di mana akan membantu proses pemulihan. Namun, pembentukan dari sel kulit sudah mengandung banyak melanin. Melanin ini merupakan salah satu pigmen yang akan memberikan warna pada kulit.

Jadi ketika produksi melanin terlalu banyak, maka noda bekas jerawat hitam bisa saja terlihat sehingga akan menimbulkan hiperpigmentasi pasca inflamasi.

BACA JUGA:  13 Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam Mudah dan Efektif

Perawatan Wajah Berjerawat yang Benar

Berikut ini sudah ada berbagai perawatan wajah berjerawat yang tepat dilakukan di rumah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Rutin Cuci Muka

Mencuci muka secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam. Kamu dapat mencuci muka saat pagi maupun malam hari, setelah menggunakan make up. Untuk penggunaan sabun cuci muka harus kamu sesuaikan dengan jenis kulit.

Bagi kamu yang saat ini sedang rutin menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter. Sebaiknya, memilih sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan, seperti benzoil peroksida atau asam salisilat.

  1. Menggunakan Cuci Muka yang Ringan

Berikutnya, bagi kamu yang sedang melakukan pengobatan jerawat dari dokter, maka bisa menggunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan lembut dan ringan di kulit.

Hindarilah mencuci wajah dengan sabun yang mengandung alkohol, zat wewangian, serta kandungan yang terlalu kuat. Hal ini karena bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

  1. Menggunakan Toner Wajah

cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya dengan toner wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit yang berminyak, maka dapat menggunakan astringent. Toner wajah yang bersifat melembabkan (hydrating toner) dapat digunakan oleh pemilik kulit kering.

Sebenarnya, ini tergantung dari kandungannya, toner wajah berjerawat bisa menghidrasi kulit, membantu menghilangkan produksi minyak berlebih, serta melawan jerawat.

Setelah kamu mencuci wajah, maka dapat menggunakan toner dengan menuangkannya pada kapas. Kemudian, dilanjutkan mengusapkannya pada semua wajah sampai leher.

  1. Mengoleskan Pelembab

Sementara itu, bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, maka bisa menggunakan pelembab berlabel bebas minyak (oil free) dan tidak rentan menyumbat pori-pori atau noncomedogenic. Pilih juga pelembab yang memiliki tekstur gel atau lotion, karena lebih ringan dibandingkan krim.

Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Berjerawat

Orang yang memiliki jerawat, pasti menghindari penggunaan sunscreen atau tabir surya dalam kesehariannya. Hal ini karena, tekstur sunscreen yang kental atau tebal sering dipercaya bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Padahal, menggunakan sunscreen menjadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang tepat dan membantu perawatan wajah berjerawat. Bahkan, saat ini obat jerawat yang kamu gunakan bisa saja membuat kulit menjadi rentan terhadap paparan sinar matahari.

Hal inilah yang membuat penggunaan sunscreen terlihat lebih penting. Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan salah satu dari beberapa cara di atas, pastikanlah sudah melakukan konsultasi dengan dokter.

Hal ini karena, setiap orang memiliki kulit yang berbeda, jadi reaksinya juga akan berbeda. cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang terlihat efektif untuk satu orang belum tentu bisa berefek sama pada orang lain.