Cara Menggunakan Propolis untuk Jerawat

Cara Menggunakan Propolis Untuk Jerawat
Source: bing.com

Propolis adalah bahan alami yang diperoleh dari lebah. Biasanya, lebah mengumpulkan propolis dari berbagai sumber tanaman dan memanfaatkannya untuk melindungi sarangnya. Propolis mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi jerawat. Konsentrasi senyawa yang terkandung dalam propolis berbeda-beda, tergantung dari jenis tanaman yang digunakan untuk membuatnya.

Berikut adalah cara menggunakan propolis untuk mengobati jerawat:

1. Cairkan Propolis

Pertama, cairkan propolis dengan cara memanaskannya di atas api atau di microwave dengan sedikit air. Propolis akan meleleh dan bisa dicampur dengan air. Jika diperlukan, Anda bisa menambahkan minyak atsiri seperti minyak lavender atau jeruk nipis untuk memberikan aroma yang lebih enak. Tuang campuran ini ke dalam wadah dan biarkan sampai dingin.

2. Oleskan Propolis

Kemudian, beri sedikit campuran propolis di tangan dan oleskan di wajah. Gunakan gerakan memutar supaya propolis merata di seluruh wajah. Hindari daerah yang sensitif seperti mata. Setelah itu biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Rutin Lakukan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan rutin pengobatan ini setiap hari atau setidaknya setiap dua hari sekali. Cara ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Anda juga dapat menggunakan propolis sebagai masker wajah untuk membuat kulit lebih lembut dan halus.

4. Gunakan Propolis yang Aman

Untuk menghindari efek samping, pastikan Anda menggunakan propolis yang berkualitas tinggi dan terjamin keamanannya. Anda bisa membeli propolis di toko obat atau di toko online yang menyediakannya. Biasanya, propolis dikemas dalam bentuk serbuk, cair, atau tablet.

BACA JUGA:  Pembersih muka untuk jerawat

5. Konsultasi dengan Dokter

Selain menggunakan propolis, Anda juga harus menghindari penyebab lain jerawat seperti polusi, stres, dan kurangnya istirahat. Selain itu, konsultasikan pula dengan dokter jika Anda mengalami jerawat yang berlebihan atau tidak kunjung sembuh. Dokter akan memberikan penanganan yang lebih tepat sesuai kondisi kulit Anda.

Kesimpulan

Propolis merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Banyak orang yang menggunakan propolis untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, pastikan Anda menggunakan propolis yang berkualitas tinggi dan bersih. Jangan lupa konsultasikan pula dengan dokter jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan propolis.

VideoCara Menggunakan Propolis untuk Jerawat