Cara Mengepeskan Jerawat Bisul

Cara Mengepeskan Jerawat Bisul
Source: bing.com

Jerawat bisul adalah satu dari beberapa jenis jerawat yang dapat mengganggu keindahan wajah. Kebanyakan orang menahan jerawat bisul karena tidak tahu cara menyembuhkannya. Namun, jangan khawatir, karena ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengempeskan jerawat bisul. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengempeskan jerawat bisul.

1. Gunakan Sabun Pencuci Muka yang Cocok

Sabun pencuci muka yang tepat dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit. Ini akan membantu mengempeskan jerawat bisul. Saat memilih sabun pencuci muka, pastikan untuk memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda dapat memilih sabun yang tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih sabun khusus kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit kering, pilih sabun khusus kulit kering.

2. Gunakan Masker

Masker wajah merupakan salah satu cara efektif untuk mengempeskan jerawat bisul. Masker wajah yang tepat akan membantu membersihkan kotoran dan minyak di wajah. Namun, pastikan untuk memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Masker berbasis air, seperti masker air cucian beras, dapat membantu menyegarkan dan menghidrasi kulit Anda. Masker berasaskan minyak, seperti masker minyak zaitun, dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda dapat menggunakan masker berbasis aloe vera atau masker berbasis buah-buahan.

BACA JUGA:  Pengobatan Skincare untuk Kulit Bruntusan dan Jerawat

3. Gunakan Gel Aloe Vera

Aloe vera adalah tanaman yang dikenal karena khasiatnya yang beragam untuk kesehatan dan kecantikan. Gel aloe vera dapat membantu mengempeskan jerawat bisul karena efek anti-inflamasinya yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel aloe vera secara merata pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

4. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau dikenal karena kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasinya. Ini bisa membantu mengempeskan jerawat bisul dengan cara mengurangi peradangan dan memperlambat produksi minyak berlebih. Cara menggunakannya adalah dengan merendam teh hijau selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan air teh tersebut untuk mencuci wajah selama 5-10 menit. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

5. Gunakan Masker Yogurt

Yogurt dapat membantu mengempeskan jerawat bisul karena kandungan anti-inflamasinya. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan 1/2 sendok teh madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

6. Gunakan Masker Tomat

Tomat dapat membantu mengempeskan jerawat bisul karena kandungan vitamin C dan anti-oksidannya. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan satu tomat dan menggunakan sari tomat tersebut untuk mengoleskan ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

7. Gunakan Masker Asam Lemon

Asam lemon memiliki efek anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengempeskan jerawat bisul. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh air lemon dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Secara Alami

8. Gunakan Masker Kefir

Kefir mengandung banyak probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Ini dapat membantu mengempeskan jerawat bisul dengan cara membantu mengurangi peradangan dan peradangan di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan kefir ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

9. Gunakan Masker Oatmeal

Oatmeal dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi dan manfaat kesehatannya. Ini juga dapat membantu mengempeskan jerawat bisul karena kandungan anti-inflamasinya. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

10. Hindari Makanan Berminyak dan Junk Food

Makanan berminyak dan junk food dapat memicu produksi minyak berlebih dan mengakibatkan jerawat bisul pada wajah. Untuk itu, hindari makanan ini untuk mengurangi risiko jerawat bisul. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air setiap hari untuk membantu membersihkan kotoran dan minyak yang tertinggal di wajah Anda.

VideoCara Mengepeskan Jerawat Bisul