Cara Mengempeskan Jerawat yang Aman dan Mudah

Cara Mengempeskan Jerawat

Kamu sedang berusaha mencari cara mengempeskan jerawat? Permasalahan kulit satu ini seringkali sampai membuat frustasi saat semakin parah dan tidak kunjung teratasi. Tidak dapat dipungkiri, wajah berjerawat cukup membuat pemiliknya kurang percaya diri soal penampilan.

Jerawat sebenarnya sesuatu yang lumrah terjadi. Apalagi saat kamu mulai pubertas. Namun, keberadaannya tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Sebab dapat berubah ke permasalahan serius, seperti meradang parah dan bernanah. Maka dari itu, simak dengan baik cara berikut ini.

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Aman

Mengempeskan jerawat dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami disekitar. Meski tidak instan atau membutuhkan waktu lebih lambat, tetapi minim resiko kesehatan.

  1. Mengoleskan Madu dan Kayu Manis

Dua bahan ini memiliki kandungan antiinflamasi. Apabila jerawat kamu tidak terlalu parah, maka akan cepat terobati. Sebaliknya, kamu perlu melakukan beberapa kali sampai mengempis apabila jerawat cukup banyak dan meradang.

Cara membuatnya, campurkan bubuk kayu manis dengan madu. Aduk sampai tercampur serta mengental seperti pasta. Balurkan pada wajah yang berjerawat saat menjelang tidur. Tunggu sampai pagi hari dan bilas menggunakan air hangat.

  1. Memakai Toner Cuka Apel

Cuka apel ternyata mampu menjadi cara mengempeskan jerawat yang aman dan cepat. Kandungan asam malat dan Alpha Hydroxy Acid-nya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan memudarkan noda hitam.

Apabila kamu tertarik mencobanya, cairkan cuka apel menggunakan air mineral. Gunakan sebagai toner setelah selesai mencuci wajah dengan facial foam acne.

  1. Mengompres dengan Es Batu

Jerawat kamu memerah atau meradang? Segera ambil es batu untuk mengatasinya. Efek dinginnya mampu mengurangi pembengkakan. Hasilnya, jerawat akan cepat mengempes, bahkan bonus kulit cerah dan lembab.

Bungkus es batu menggunakan handuk atau kain bersih. Kemudian letakkan pada bagian wajah yang berjerawat selama 2-3 menit. Sebaiknya hindari menggosokkan es batu langsung pada kulit. Sebab pada sebagian orang dapat memicu urtikaria dingin.

  1. Memakai Masker Mentimun

Menggunakan mentimun ternyata juga dapat menjadi cara mengempeskan jerawat cukup ampuh. Selain mendinginkan kulit wajah, kandungan antiinflamasi-nya mampu mengurangi peradangan pada lapisan kulit luar. Jerawat kamu menjadi lebih cepat kempes dan sembuh.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ambil satu buah mentimun kemudian blender hingga hancur sempurna. Bila ada, kamu dapat menambahkan sedikit perasan lemon. Perlahan oleskan masker keseluruh jerawat. Diamkan sampai 10-15 menit atau hingga mengering. Jangan lupa bilas dengan air mengalir.

  1. Memakai Masker Lidah Buaya

Cara mengempeskan jerawat selanjutnya adalah memanfaatkan lidah buaya sebagai masker. Tanaman tropis ini mengandung asam salisilat serta sulfur. Keduanya efektif mengeringkan jerawat. Tidak heran banyak produk kecantikan yang mengandung lidah buaya.

Ambil gel lidah buaya dengan mengeroknya menggunakan sendok. Oleskan secara merata pada bagian jerawat. Lakukan rutin saat menjelang tidur malam.

Bahan Aktif Skincare untuk Mengempeskan Jerawat

Apabila bahan-bahan alami belum mampu mengempeskan jerawat secara tuntas, coba ganti dengan formula aktif. Kamu dapat menemukannya pada produk kecantikan seri acne. Namun, pastikan produk tersebut aman ber-BPOM.

  1. Tea Tree Oil

Skincare dengan kandungan tea tree oil dinilai mampu membunuh bakteri jerawat. Biasanya tersaji sebagai bahan utama maupun penunjang. Bagi kamu yang baru mencoba, sebaiknya gunakan sedikit demi sedikit untuk melihat reaksi alergi. Hentikan apabila terjadi iritasi.

  1. Retinoid

Kamu tentu sudah tidak asing dengan penggunaan retinoid sebagai cara mengempeskan jerawat. Skincare berbahan aktif ini biasanya tersedia dalam bentuk salep. Sebagai peringatan, oleskan salep hanya pada jerawat, bukan seluruh wajah agar tidak terjadi break out.

  1. Salicylic Acid

Ada banyak produk skincare dengan kandungan salycylic acid. Bahan aktif ini memang diklaim mampu mempercepat penyembuhan jerawat dan menghilangkan minyak berlebih. Cocok bagi kamu berpori-pori besar. Namun, pada awal pemakaian, gunakan dosis kecil untuk tahu reaksinya.

  1. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alternatif cara mengempeskan jerawat lainnya adalah memilih skincare dengan kandungan AHA. Kamu dapat menemukannya dalam bentuk serum atau toner. Pemakaian rutin dikatakan mampu mengatasi jerawat meradang serta mengecilkan pori-pori.

  1. Benzoyl Peroxide

Bahan aktif satu ini mampu mempercepat proses kempesnya jerawat. Biasanya dijadikan penunjang untuk kandungan anti acne lainnya. Namun, kamu perlu memastikan bahwa dosisnya dalam satu produk tidak terlalu besar. Cukup 2,5 persen saja sudah efektif dan aman.

Mengenal Jenis dan Penyebab Jerawat, Sebelum Mengempeskan

Kamu sudah menentukan cara mengempeskan jerawat yang akan dipakai? Tunggu dulu, sebaiknya kenali jenis jerawat dan penyebabnya. Setiap kondisi memiliki tingkat keparahan dan penanganan berbeda. Jangan sampai usahamu terbuang percuma.

  1. Komedo Putih dan Hitam

Banyak orang mengira bahwa komedo bukan jenis jerawat. Padahal sebenarnya, merupakan jerawat dasar yang jika tidak ditangani akan berkembang lebih parah, seperti jerawat ada juga atau lainnya.

Perbedaan komedo putih dan hitam terletak pada penyebabnya. Komedo putih diakibatkan oleh perubahan hormon, misal saat pubertas atau haid. Sementara komedo hitam banyak disebabkan kurangnya menjaga kebersihan wajah atau efek konsumsi obat-obatan.

BACA JUGA:  Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

Apabila kamu mengalami jenis jerawat ini, maka cara mengempeskan jerawat dengan bahan alami di atas efektif digunakan. Silahkan pilih bahan yang mudah kamu peroleh.

  1. Jerawat Papula

Wajahmu mengalami jerawat kecil berwarna merah? Istilah medis menyebutnya dengan jerawat papula. Apabila tidak segera diobati, akan terus membengkak dan nyeri saat disentuh.

Jerawat jenis ini terjadi akibat menumpuknya sel kulit mati dan bakteri karena komedo yang dibiarkan. Cara mengempeskan jerawat papula yang baru muncul bisa menggunakan bahan alami di atas. Namun, jika sudah meradang, sebaiknya dibarengi dengan bahan aktif tertentu.

  1. Jerawat Pustula

Jerawat ini hampir mirip dengan papula, namun memiliki ciri tambahan ujung kepala berwarna putih. Jerawat pustula merupakan jerawat berisi nanah akibat peradangan parah. Biasanya muncul bersama papula dalam jumlah banyak.

Jika jerawat yang kamu alami tergolong pustula, sebaiknya pergi ke dokter kulit terdekat. Sebab salah memilih produk justru akan memperparah peradangan.

  1. Jerawat Nodul

Saat peradangan jerawat tidak teratasi dengan baik, maka akan terus menjalar ke lapisan kulit dalam. Akibatnya, terjadi jerawat serius yang disebut nodul. Kamu akan merasakan nyeri meski tidak memegangnya.

Selain rasa tidak nyaman, lesi padat dan parah yang terbentuk juga akan mengganggu penampilan. Kamu tentu penanganan paling tepat, yakni datang ke dokter kecantikan atau dokter kulit.

Penyebab Jerawat Sulit untuk Dikempeskan

Kamu sudah mencoba berbagai cara mengempeskan jerawat, tapi belum berhasil? Coba cek beberapa kebiasaan di bawah ini. Mungkin saja kamu juga sering melakukannya.

  1. Berlebihan Membersihkan Wajah

Penyebab utama timbulnya jerawat memang karena penumpukan kotaran dan minyak. Namun, berlebihan dalam membersihkan juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Apalagi jika kamu sedang banyak jerawat meradang.

Wajah tetap membutuhkan minyak alaminya untuk menjaga kelembaban. Ketika dibilas habis, maka kulit menjadi kering, mudah iritasi, serta meningkatkan sebum penyebab jerawat. Idealnya, dua kali sehari sudah cukup untuk membersihkan wajah.

  1. Memakai Scrub Abrasif

Hentikan pemakaian scrub abrasif jika kamu ingin cara mengempeskan jerawat berhasil. Mungkin kamu bertujuan memperoleh wajah putih bersih. Namun ternyata tidak, scrub saat berjerawat hanya akan menyumbat pori-pori, sehingga tumbuh jerawat baru.

Solusi mengangkat sel kulit mati saat berjerawat adalah eksfoliasi. Pakai chemical exfoliant untuk mencegah terjadinya iritasi.

  1. Melupakan Pemakaian Pelembab dan Sunscreen

Salah jika kamu meninggalkan pelembab serta sunscreen saat wajah berjerawat. Keduanya justru membantu agar jerawat lekas hilang. Masing-masing memiliki peran cukup penting untuk menunjang keberhasilan cara agar jerawat kempes.

Pelembab membantu kulit tetap memproduksi minyak dalam jumlah seimbang. Sementara sunscreen melindungi jerawat yang meradang semakin parah karena terkena sinar matahari.

  1. Sering Memencet Jerawat

Kamu masih menganggap memencet adalah cara mengempeskan jerawat? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Memencet jerawat secara mandiri dengan saat facial oleh ahli kecantikan tentu berbeda. Kamu tidak bisa memastikan kebersihan serta teknik yang tepat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah, Aman Dilakukan

Memencet jerawat hanya akan menimbulkan luka. Kemudian menjadi sarang bakteri, dan membuat kotoran make up maupun debu terperangkap. Akibatnya, jerawat meradang dan timbul baru. Belum lagi, tampilan terganggu karena hitamnya bekas jerawat.

Pantangan Makanan Agar Jerawat Kempes

Menjaga kesehatan kulit tidak cukup dari luar. Asupan makanan turut memberikan peran penting. Apabila kamu ingin jerawat segera pudar, maka hindari makanan berikut ini.

  1. Fast Food dan Junk Food. Aneka makanan cepat saji mungkin menjadi menu wajib harianmu. Selain lezat, kepraktisan makanan ini memang sangat membantu di tengah berbagai kesibukan. Namun,dibalik itu semua ada kandungan lemak jenuh yang perlu diwaspadai.
  2. Sebuah penelitian di Eropa menyebutkan 24 persen orang yang rutin mengkonsumsi fast food maupun junk food lebih beresiko terkena jerawat. Maka dari itu, sebaiknya kamu mulai masak sehat di rumah saat masalah kulit sedang melanda.
  3. Makanan Tinggi Lemak Trans. Tidak hanya menyebabkan kolesterol dan trigliserida dalam darah meningkat. Lemak trans yang tinggi juga dapat memperparah jerawat kamu. Contoh makanan, keripik, pop corn, serta makanan goreng lainnya, apalagi jika memakai minyak bekas.
  4. Mengandung gula berlebih. Kamu tentu sudah tahu bahwa mengkonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Ternyata bukan hanya berbahaya bagi penderita diabetes. Insulin yang tinggi juga dapat menyumbat pori-pori, sehingga timbul jerawat.

Teknik Cuci Muka Saat Berjerawat

Menjaga kebersihan kulit wajah dari debu, minyak, sisa make up merupakan hal wajib. Sebab ini merupakan serangkaian perawatan dasar sebelum kamu melakukan berbagai cara mengempeskan jerawat. Maka dari itu, simak tekniknya yang benar.

  1. Mencuci tangan dengan air mengalir. Menyentuh wajah dengan tangan kotor akan memperparah kondisi jerawat.
  2. Menghapus sisa make up menggunakan milk cleanser maupun micellar water. Lakukan dengan lembut agar tidak teriritasi. Pastikan semua terangkat, tidak ada residu yang tertinggal atau menyumbat pori-pori.
  3. Menyabun wajah dengan facial foam khusus acne. Pijat lembut seluruh bagian wajah dengan ujung jari. Hindari menggosoknya terlalu keras.
  4. Bilas menggunakan air mengalir sampai tidak tersisa busa sabun.
  5. Tepuk-tepuk perlahan wajah menggunakan handuk bersih atau tisu untuk mengeringkannya.
  6. Lanjutkan dengan salah satu cara mengempeskan yang telah kamu pilih diatas.

Kamu sudah tidak sabar mencoba melakukan treatment wajah? Terus lakukan berulang kali. Selanjutnya, saat sudah mulai mengempes, bangun pola hidup sehat agar bebas jerawat. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan sampai cara mengempeskan jerawat bisa berhasil.