Cara Mengecilkan Jerawat

Cara Mengecilkan Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dihadapi banyak orang. Meskipun jerawat dapat muncul pada semua jenis kulit, tetapi kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Saat jerawat muncul, maka biasanya akan muncul pula perasaan menjengkelkan. Ingin mengecilkan jerawat? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengecilkan jerawat adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Mencuci wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pembersih wajah yang berfungsi untuk membersihkan kotoran, sisa-sisa make up, dan debu yang menempel di wajah. Selain itu jangan lupa untuk mengganti handuk yang digunakan untuk membersihkan wajah secara teratur.

2. Rutin Menggunakan Pelembab

Pemakaian pelembab setelah membersihkan wajah juga dapat membantu mengurangi jerawat. Pelembab wajah membantu menjaga kelembapan kulit wajah sehingga tidak mudah kering. Setelah membersihkan wajah, pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, lalu ratakan merata di wajah. Namun, pastikan Anda memilih pelembab yang bebas minyak atau oil free.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah. Makanan bergizi dan sehat seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, hindari makanan yang mengandung banyak minyak dan gula tinggi seperti junk food. Makanan sehat dapat membantu proses penyembuhan jerawat sehingga Anda dapat mengecilkan jerawat dengan lebih mudah.

BACA JUGA:  Obat Jerawat di Apotik: Pilih Mana yang Paling Cocok?

4. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol juga dapat memicu munculnya jerawat. Penggunaan produk tembakau dan alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan meningkatkan produksi sebum yang dapat memicu jerawat. Selain itu, asap rokok juga dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat oleh kotoran sehingga jerawat semakin mudah tumbuh. Oleh karena itu, hindari merokok dan minuman beralkohol agar kulit wajah lebih sehat.

5. Menggunakan Produk Perawatan Wajah

Untuk membantu mengecilkan jerawat, Anda dapat menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk perawatan wajah seperti toner dan facial scrub dapat membantu membersihkan pori-pori wajah agar tidak mudah tersumbat. Anda juga dapat menggunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih dan menyamarkan jerawat.

6. Perawatan Kedokter

Jika cara-cara di atas belum membantu mengurangi jerawat, Anda dapat mencoba beberapa perawatan kedokter untuk mengecilkan jerawat. Perawatan kedokter seperti penyuntikan steroid dan laser dapat membantu membersihkan wajah dari jerawat. Namun, sebelum menggunakan perawatan kedokter, pastikan bahwa Anda telah membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter.

7. Hindari Menekan Jerawat

Menekan jerawat yang ada di wajah juga dapat menyebabkan jerawat semakin banyak. Mengompres jerawat dapat membuat jerawat semakin melebar dan dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, jangan menekan jerawat yang ada di wajah. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, gunakan cara-cara di atas untuk menghilangkan jerawat secara alami dan aman.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dihadapi banyak orang. Untuk mengecilkan jerawat, Anda dapat melakukan beberapa cara, mulai dari menjaga kebersihan wajah hingga menggunakan produk perawatan wajah. Selain itu, hindari merokok dan minuman beralkohol serta jangan menekan jerawat yang ada di wajah. Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka Anda dapat mengecilkan jerawat secara alami dan aman.

BACA JUGA:  Apakah Acne Lotion Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

VideoCara Mengecilkan Jerawat