Cara Mengatasi Jerawat yang Meradang dan Gatal

Cara Mengatasi Jerawat Yang Meradang Dan Gatal
Source: bing.com

Jerawat meradang dan gatal bisa sangat mengganggu dan menyebabkan tekanan. Namun, jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi. Kami telah menyusun beberapa cara yang efektif untuk mengatasi jerawat yang meradang dan gatal.

Pembersihan Wajah

Pembersihan wajah yang benar adalah langkah pertama yang harus diambil untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal. Ini bertujuan untuk membersihkan kulit dari kotoran, sebum, dan sisa-sisa makeup. Anda dapat menggunakan sabun khusus wajah atau produk pembersih kulit lain yang dirancang untuk jenis kulit Anda. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda dan beri tambahan lembut dengan kapas. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang dan gatal. Pilih masker yang dirancang untuk mengurangi jerawat dan produksi minyak berlebih. Masker alami juga dapat membantu mengurangi jerawat. Contohnya, gunakan campuran mentimun dan madu sebagai masker wajah. Campuran ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengembalikan kelembaban kulit. Masker wajah harus diterapkan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Krim Penghilang Jerawat

Krim penghilang jerawat tersedia di apotek. Ini dapat membantu menghilangkan jerawat meradang dan gatal. Pilih produk berbasis benzoil peroksida atau asam salisilat. Ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Biasanya, krim ini harus diterapkan 2 kali sehari, sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit.

Bubuk Beras

Bubuk beras dapat membantu mengurangi inflamasi dan iritasi pada kulit. Campurkan bubuk beras dengan air hangat untuk membuat pasta. Aplikasikan pasta ini ke area jerawat yang meradang dan gatal. Bersihkan setelah 15-20 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, iritasi, dan mengontrol produksi minyak berlebih.

BACA JUGA:  Kenali Benjolan Kecil yang Terlihat Seperti Jerawat di Kemaluan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang dapat membantu mengurangi jerawat meradang dan gatal. Minyak ini kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membantu menenangkan kulit iritasi. Ini juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Oleskan minyak zaitun pada area yang terkena jerawat sebelum tidur dan bilas dengan air hangat pada pagi hari.

Sirup Akasia

Sirup akasia terkenal karena manfaatnya untuk kulit. Ini dapat membantu mengurangi jerawat meradang dan gatal. Sirup akasia dapat dicampur dengan air matang dan minyak zaitun untuk membuat masker wajah. Aplikasikan masker ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Mengontrol Stres

Stres dapat memperburuk jerawat meradang dan gatal. Untuk itu, penting untuk mengontrol tingkat stres Anda. Cara yang baik untuk mengontrol stres adalah dengan berolahraga, meditasi, berlatih relaksasi, dan beristirahat yang cukup. Ini akan membantu Anda merasa lebih tenang dan dapat membantu mengurangi jerawat.

Menghindari Produk Berminyak

Produk berminyak dapat membuat jerawat lebih buruk. Ini karena minyak dapat menyebabkan iritasi dan memicu produksi minyak berlebih. Untuk itu, hindari produk berminyak, seperti pelembab, minyak wajah, dan makeup. Gunakan produk yang diformulasikan untuk kulit berjerawat.

Kesimpulan

Jerawat meradang dan gatal bisa sangat mengganggu. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Pembersihan wajah yang benar, masker wajah alami, produk penghilang jerawat, bubuk beras, minyak zaitun, sirup akasia, dan mengontrol stres adalah beberapa cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Hindari produk berminyak jika Anda ingin menghindari jerawat.

VideoCara Mengatasi Jerawat yang Meradang dan Gatal