Cara Menghilangkan Jerawat yang Meradang

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Meradang
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang meradang juga bisa menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi jerawat yang meradang.

Rajin Membersihkan Wajah

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi jerawat yang meradang adalah dengan rajin membersihkan wajah. Selain dapat menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah, membersihkan wajah juga dapat membantu mengurangi produksi sebum yang menyebabkan jerawat. Cara yang paling umum untuk membersihkan wajah adalah dengan menggunakan sabun wajah atau cleanser. Anda juga bisa menggunakan scrub wajah untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun jangan terlalu sering melakukannya, cukup 2-3 kali seminggu saja.

Gunakan Masker

Masker juga dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang. Masker yang berbahan dasar beras, tepung beras, atau gandum dapat membantu melembabkan kulit dan meredakan iritasi. Anda juga bisa menggunakan masker yang mengandung bahan seperti aloe vera, lidah buaya, atau minyak zaitun untuk melembutkan kulit dan mengurangi inflamasi. Masker ini bisa digunakan setiap minggu sekali.

Gunakan Produk Anti Jerawat

Selain itu, anda juga bisa menggunakan produk anti jerawat untuk mengatasi jerawat yang meradang. Produk ini biasanya berupa krim atau gel yang mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Kedua zat ini dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cara mengurangi produksi sebum dan membunuh bakteri. Namun pastikan untuk menggunakan produk ini sesuai dengan petunjuk yang tertera, karena banyak produk anti jerawat yang terlalu keras dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA:  Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dengan Masker Pasir

Lakukan Perawatan Kesehatan Kulit

Selain itu, anda juga bisa melakukan perawatan kesehatan kulit untuk mengatasi jerawat yang meradang. Perawatan kesehatan kulit dapat membantu mengurangi produksi sebum, mengurangi inflamasi, dan membantu kulit untuk lebih cepat pulih. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan antara lain laser terapetik, peeling kimia, dan terapi sinar UV. Namun hal ini disarankan untuk dilakukan di bawah bimbingan ahli kulit, karena perawatan kesehatan kulit dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Menjaga Pola Makan

Selain itu, anda juga bisa menjaga pola makan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan mengurangi risiko jerawat. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam, karena bisa meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan iritasi pada kulit.

Konsumsi Vitamin

Vitamin juga dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang. Vitamin A, C, dan E dapat membantu mengurangi produksi sebum dan mengurangi iritasi pada kulit. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin, seperti vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi risiko jerawat. Namun pastikan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin tanpa bimbingan dokter.

Konsultasi ke Dokter

Jika anda memiliki jerawat yang meradang dan tidak kunjung hilang, maka anda harus segera mengunjungi dokter. Dokter akan mendiagnosis penyebab jerawat dan meresepkan obat yang sesuai. Obat ini dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit dan mengurangi risiko infeksi. Namun ingat, jangan mengobati jerawat sendiri tanpa bimbingan dokter karena dapat menimbulkan efek samping.

BACA JUGA:  Makan Pedas Menyebabkan Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat yang meradang dapat menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada kulit. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan berbagai cara seperti rajin membersihkan wajah, menggunakan masker, menggunakan produk anti jerawat, melakukan perawatan kesehatan kulit, menjaga pola makan, mengonsumsi vitamin, dan jika perlu konsultasi ke dokter. Dengan melakukan cara-cara ini, anda dapat mengatasi jerawat yang meradang dan menjaga kesehatan kulit.

VideoCara Menghilangkan Jerawat yang Meradang