Cara Menangani Jerawat Yang Bengkak

Cara Menangani Jerawat Yang Bengkak
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum, terutama di kalangan remaja. Mereka menampilkan kemerahan, bengkak, dan bintik-bintik di wajah. Jerawat bengkak sering disertai dengan rasa gatal, sakit, dan bahkan infeksi. Sayangnya, jerawat bengkak tidak bisa dihilangkan dalam sekejap, tetapi Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat bengkak dan mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengannya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat bengkak.

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Mengapa mencuci wajah penting? Karena mencegah kotoran dan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat bengkak. Saat mencuci wajah, gunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk wajah Anda. Pembersih kulit yang kuat dapat menyebabkan iritasi dan merusak keseimbangan alami kulit Anda. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, gunakan sabun yang khusus untuk jenis kulit berminyak. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, gunakan sabun berbasis minyak atau sabun khusus yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit kering. Pembersihan wajah secara teratur akan membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat bengkak.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Cocok

Ketika memilih produk perawatan kulit, pastikan untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit Anda. Ada beberapa produk di pasaran yang dapat membantu mengurangi jerawat bengkak, termasuk produk yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retinoids. Produk-produk ini dapat membantu membersihkan dan melembutkan kulit, serta membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Namun, sebelum menggunakan produk perawatan kulit, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit Anda untuk memastikan Anda memilih produk yang tepat untuk jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Dr Oz Indonesia

3. Hindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi dan bekas luka. Memencet jerawat juga dapat menyebabkan lebih banyak jerawat, karena Anda menyebarkan sel-sel kulit mati dan minyak ke bagian lain wajah Anda. Jangan pernah mencoba memecahkan atau memencet jerawat bengkak, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi, kerusakan kulit, dan infeksi. Selain itu, Anda juga dapat menyebabkan jerawat bengkak terjadi lebih lama.

4. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu menyegarkan kulit, mengurangi minyak berlebih, dan membantu menghilangkan jerawat bengkak. Masker yang mengandung bahan-bahan seperti bentonit, kaolin, dan teh hijau dapat membantu menyaring minyak di wajah Anda dan mengurangi sebum. Masker yang mengandung ekstrak buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu menutrisi kulit Anda dan membantu mengurangi jerawat bengkak. Gunakan masker wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gunakan Produk Anti-Inflamasi

Produk anti-inflamasi seperti krim atau gel dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak jerawat. Produk ini umumnya mengandung bahan seperti aloe vera, lidah buaya, dan ekstrak tanaman lainnya yang dapat meredakan iritasi dan mengurangi peradangan. Produk ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak jerawat, tetapi juga membantu mencegah timbulnya jerawat baru. Gunakan produk anti-inflamasi setelah Anda membersihkan wajah Anda.

6. Gunakan Alat Penghilang Jerawat

Alat penghilang jerawat merupakan alat yang dapat membantu mengurangi jerawat bengkak. Alat ini dapat menghasilkan cahaya terang yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Alat ini dapat membantu mengurangi jerawat bengkak, namun Anda harus menggunakannya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum menggunakan alat ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit Anda untuk memastikan bahwa alat ini aman untuk jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Kemerahan di Pipi

7. Gunakan Kompres Hangat

Menggunakan kompres hangat dapat membantu mengurangi bengkak dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat bengkak. Kompres hangat dapat membantu melembutkan dan mengencangkan kulit. Untuk menggunakan kompres hangat, gunakan handuk basah yang hangat dan letakkan ke wajah Anda selama beberapa menit. Ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak dari jerawat bengkak. Gunakan kompres hangat setelah Anda membersihkan wajah Anda.

8. Gunakan Kompres Dingin

Kompres dingin juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak jerawat bengkak. Untuk menggunakan kompres dingin, gunakan handuk yang didinginkan di lemari es. Letakkan handuk dingin ke wajah Anda selama beberapa menit untuk membantu mengurangi kemerahan dan bengkak. Kompres dingin juga dapat membantu mengurangi rasa gatal dan sakit yang disebabkan oleh jerawat bengkak.

9. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Makanan yang kaya akan vitamin dan anti

VideoCara Menangani Jerawat Yang Bengkak