Cara Mengatasi Jerawat Meradang Parah

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Parah
Source: bing.com

Jerawat atau yang biasa disebut komedo adalah masalah yang sering dihadapi oleh hampir semua orang. Komedo merupakan kondisi ketika pori-pori kulit tertutup oleh sebum dan kotoran. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi di wajah. Hal ini dapat membuat jerawat menjadi meradang, berwarna merah, dan akan menimbulkan rasa sakit ketika disentuh. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara mengatasi jerawat meradang parah.

1. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah adalah salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi jerawat meradang parah. Masker wajah dapat mengurangi iritasi dan menenangkan kulit. Gunakan masker wajah yang kaya akan ekstrak alami seperti madu, aloe vera, atau minyak zaitun. Masker ini dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi iritasi. Setelah itu, cuci wajah dengan air dingin untuk menenangkannya.

2. Menggunakan Sabun Jerawat

Untuk mengatasi jerawat meradang parah, Anda juga dapat menggunakan sabun jerawat. Sabun jerawat dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah. Gunakan sabun yang mengandung bahan-bahan alami seperti tea tree oil karena bahan ini dapat membantu menenangkan kulit. Setelah itu, cuci wajah dengan air dingin untuk menenangkan kulit.

3. Gunakan Teknik Tekuk Jerawat

Teknik tekuk jerawat adalah salah satu cara yang efektif dalam mengatasi jerawat meradang parah. Teknik ini dapat membantu membuka pori-pori kulit dan mengurangi iritasi. Cara ini hanya dapat dilakukan pada jerawat yang tidak pecah. Tekuk jerawat dengan tangan yang bersih dan gunakan alat yang steril. Jangan tekuk jerawat terlalu keras untuk menghindari luka bakar dan iritasi.

BACA JUGA:  Tanda Bahaya Ada Jerawat di Miss V

4. Gunakan Topikal Obat Jerawat

Anda juga dapat menggunakan obat topikal untuk mengatasi jerawat meradang parah. Obat-obatan ini biasanya mengandung bahan aktif seperti asam salisilat, asam azelaic, atau asam kloretin. Gunakan obat ini sesuai petunjuk dokter. Pemakaian yang berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan iritasi.

5. Pijat Wajah

Pijat wajah juga dapat membantu mengatasi jerawat meradang parah. Pijat wajah dapat mengurangi iritasi dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Gunakan tangan yang bersih untuk memijat wajah dengan lembut. Pijatan tidak boleh terlalu keras untuk menghindari luka bakar dan iritasi. Setelah pijatan, segera cuci wajah dengan air dingin untuk menenangkan kulit.

6. Hindari Penggunaan Produk Berbahaya

Untuk mencegah jerawat meradang parah, hindari penggunaan produk-produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Produk-produk ini dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Hindari pula produk yang mengandung alkohol karena alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Pilihlah produk yang kaya akan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, aloe vera, atau ekstrak biji the.

7. Gunakan Pelembab

Pelembab juga berguna untuk mengatasi jerawat meradang parah. Pelembab dapat membantu melembabkan kulit dan menenangkannya. Gunakan pelembab yang kaya akan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond. Aplikasikan pelembab setelah membersihkan wajah untuk membantu melembabkan dan menenangkan kulit.

8. Gunakan Teh Hijau

Anda juga dapat menggunakan teh hijau untuk mengatasi jerawat meradang parah. Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi iritasi dan menenangkan kulit. Anda dapat menggunakannya dengan cara merendam teh hijau dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, rendam kapas dalam teh hijau tersebut dan tempelkan kapas tersebut pada wajah yang bersangkutan.

BACA JUGA:  Obat Salep Jerawat Batu Terbaik untuk Kulit Anda

9. Diet Sehat

Diet sehat juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat meradang parah. Makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan yang tinggi kalori dan lemak jenuh seperti makanan cepat saji, makanan berlemak tinggi, dan makanan yang mengandung banyak gula. Makan makanan yang sehat untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

10. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat meradang parah. Vitamin A dan vitamin E adalah vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Anda dapat mengonsumsi vitamin ini melalui makanan atau suplemen. Konsumsi vitamin secara teratur untuk membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan bebas jerawat.

Kesimpulan

Jerawat meradang parah dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker wajah, sabun jerawat, tekuk jerawat, obat topikal, pijat wajah, hindari produk berbahaya, gunakan pelembab, gunakan teh hijau, diet sehat, dan konsumsi vitamin. Semua cara tersebut dapat membantu mengatasi jerawat meradang parah dan menjaga kesehatan kulit.

VideoCara Mengatasi Jerawat Meradang Parah