Cara Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dan Gatal
Source: bing.com

Jerawat meradang dan gatal adalah salah satu masalah kulit yang biasa terjadi. Banyak orang yang mengalami jerawat meradang dan gatal karena beberapa faktor, termasuk stress, hormon, polusi, dan kurangnya cuci muka. Jerawat meradang dan gatal bisa menyebabkan rasa gatal dan perih, dan bahkan bisa menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal

Pertama-tama, Anda harus menjaga kebersihan wajah secara teratur. Usahakan untuk membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, seperti sabun wajah berbasis minyak atau sabun wajah berbasis air. Setelah itu, lap dengan air dingin atau air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan juga bakteri yang berada di wajah Anda. Anda juga bisa menggunakan toner atau pelembab setelah membersihkan wajah.

Kedua, pastikan untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan juga mencegah jerawat meradang dan gatal. Makanan seperti buah dan sayur, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak adalah beberapa makanan yang sangat baik untuk kulit. Anda juga harus minum banyak air putih setiap hari untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Ketiga, hindari menggosok wajah Anda dengan keras. Gosokan wajah Anda dengan halus dan usahakan untuk hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor. Anda juga harus menghindari menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia. Gunakan produk kosmetik yang natural dan aman untuk kulit.

BACA JUGA:  Jerawat di Kepala Bikin Sakit Kepala?

Keempat, Anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal. Beberapa cara alami yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan minyak esensial, bubuk kunyit, madu, dan juga masker alami. Anda bisa menggunakan minyak esensial untuk mengurangi rasa gatal dan perih akibat jerawat. Masker alami seperti masker beras, masker lidah buaya, dan masker tomat juga dapat membantu mengurangi jerawat dan mencerahkan kulit Anda.

Kelima, Anda harus menghindari terkena sinar matahari langsung. Berjemur di bawah sinar matahari langsung dapat membuat jerawat meradang dan gatal semakin parah. Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Usahakan untuk menggunakan pelindung matahari seperti tabir surya atau topi jika Anda harus terkena sinar matahari langsung.

Keenam, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal. Obat-obatan seperti krim atau salep yang berisi asam salisilat dan asam benzoat dapat membantu mengatasi dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh jerawat meradang dan gatal. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat apapun.

Ketujuh, Anda juga bisa menggunakan produk-produk khusus untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal. Ada banyak produk khusus yang dapat membantu mengatasi jerawat meradang dan gatal, seperti produk pembersih wajah yang khusus untuk jerawat, toner, pelembab, dan lain-lain. Produk-produk ini biasanya bebas dari bahan kimia berbahaya dan aman untuk digunakan.

Tips untuk Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal:

  • Hindari menggosok wajah Anda dengan keras
  • Hindari menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia
  • Usahakan untuk makan makanan yang sehat dan bergizi
  • Gunakan produk kosmetik yang natural dan aman untuk kulit
  • Usahakan untuk minum banyak air putih setiap hari
  • Hindari terkena sinar matahari langsung
  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan
BACA JUGA:  Obat Jerawat Temulawak: Rahasia Untuk Kulit Bebas Jerawat

Kesimpulan

Jerawat meradang dan gatal adalah masalah kulit yang umum terjadi. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat meradang dan gatal, termasuk menjaga kebersihan wajah secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, menggunakan produk kosmetik yang natural dan aman untuk kulit, dan menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter. Selain itu, Anda juga harus menghindari menggosok wajah dengan keras, menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia, terkena sinar matahari langsung, dan lain-lain. Selamat mencoba!

VideoCara Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal