Cara Mengatasi Jerawat Hormon

Cara Mengatasi Jerawat Hormon
Source: bing.com

Jerawat hormon adalah jerawat yang disebabkan oleh tingginya hormon androgen, seperti testosteron. Jerawat hormon biasanya muncul di bagian wajah, leher, punggung dan dada. Kondisi ini dapat menjadi sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang berusia di antara 15 dan 25 tahun. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat hormon.

1. Gunakan Produk Pembersih Wajah yang Tepat

Ketika menghadapi jerawat hormon, penting untuk menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, produk berbahan dasar sabun atau sabun batang yang kaya akan minyak yang dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih. Untuk mereka yang memiliki kulit kering, krim atau gel lembut yang lembut dan tidak berminyak lebih disarankan. Selain itu, produk pembersih wajah yang mengandung ekstrak tea tree, salicylic acid atau benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi jumlah jerawat yang muncul.

2. Hindari Rokok dan Kafein

Rokok dan kafein dapat meningkatkan tingkat hormon androgen dalam tubuh, yang dapat memperburuk masalah jerawat hormon. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk menghindari keduanya ketika mencoba mengatasi jerawat hormon. Jika Anda merokok, berhenti dan jika Anda minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein, berhenti atau mengurangi konsumsi mereka.

3. Gunakan Produk Topikal

Krim atau gel topikal yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid dapat membantu mengurangi jumlah jerawat yang muncul. Ini bisa didapatkan di apotek atau toko perawatan kulit dan harus digunakan sesuai petunjuk dokter. Karena obat-obatan ini dapat menyebabkan iritasi, sensitivitas, atau kering, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memilih produk topikal yang tepat untuk Anda.

BACA JUGA:  Masker Tomat untuk Jerawat Secara Alami

4. Ubah Pola Makan Anda

Ganti makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan gula dengan makanan yang kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mencegah produksi hormon androgen yang berlebihan. Selain itu, minum air putih yang cukup setiap hari juga dapat membantu dalam mengurangi jerawat hormon.

5. Kurangi Stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon androgen dan menyebabkan jerawat. Untuk mengurangi stres, lakukan aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berjalan di alam terbuka. Anda juga dapat mencoba terapi bicara atau terapi konseling untuk membantu mengendalikan stres.

6. Gunakan Produk yang Mengandung Zinc

Produk topikal yang mengandung zinc dapat membantu membersihkan jerawat hormon. Zinc dapat membantu mengurangi inflamasi, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi produksi sebum. Produk yang mengandung zinc dapat didapatkan di toko perawatan kulit dan harus digunakan sesuai petunjuk dokter.

7. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih. Masker alami seperti masker beras, masker pisang, atau masker yogurt dapat membantu mengurangi jerawat hormon. Anda juga dapat membeli masker wajah dari toko perawatan kulit dan harus digunakan sesuai petunjuk dokter. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda sebelum dan sesudah menggunakan masker wajah.

8. Gunakan Vitamin dan Mineral

Beberapa vitamin dan mineral dapat membantu mengurangi jerawat hormon. Vitamin A dan E dapat membantu mengurangi produksi sebum dan menyamarkan jerawat. Selain itu, vitamin C dapat membantu mengurangi produksi hormon androgen. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan jenis vitamin dan mineral yang tepat untuk Anda.

9. Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan kulit. Bagi mereka yang memiliki jerawat hormon, berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi produksi hormon androgen. Anda juga harus mandi setelah berolahraga untuk membersihkan wajah Anda dari sebum dan kotoran.

BACA JUGA:  Sabun Cuci Muka untuk Jerawat Meradang

10. Minum Obat-obatan

Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas tetapi masih tidak berhasil mengatasi jerawat hormon, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Mereka dapat meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, obat hormon, atau obat kortikosteroid untuk mengurangi produksi sebum dan mencegah jerawat hormon.

Kesimpulan

Jerawat hormon dapat dengan mudah dikendalikan dengan menggunakan beberapa cara seperti menggunakan produk pembersih wajah yang tepat, menghindari rokok dan kafein, menggunakan produk topikal, mengubah pola makan, mengurangi stres, menggunakan produk yang mengandung zinc, menggunakan masker wajah, mengonsumsi vitamin dan mineral, berolahraga, dan minum obat-obatan. Namun, sebelum memulai pengobatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa obat-obatan yang Anda gunakan aman untuk Anda.

VideoCara Mengatasi Jerawat Hormon