Cara mengatasi Jerawat di Tangan

Cara Mengatasi Jerawat Di Tangan
Source: bing.com

Jerawat di tangan dapat terjadi karena beberapa alasan. Kondisi kulit yang kering dan berminyak, kurangnya kebersihan, kurangnya produk kecantikan atau produk kulit yang tepat, bisa menjadi alasan utama jerawat di tangan. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah jerawat di tangan.

1. Bersihkan Tangan Secara Teratur

Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk mengatasi jerawat di tangan adalah membersihkannya secara teratur. Pastikan Anda selalu membersihkan tangan Anda setiap hari untuk menghindari penumpukan kotoran, debu, dan minyak di permukaan kulit. Selain itu, Anda juga harus teratur mengganti handuk yang digunakan saat membersihkan tangan Anda, karena handuk yang terlalu lama digunakan dapat menyebabkan jerawat. Usahakan untuk menggunakan sabun pembersih kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Gunakan Pelembab Tangan

Kulit tangan Anda juga dapat menjadi kering dan pecah-pecah, yang bisa memicu terjadinya jerawat. Untuk mencegah hal ini, Anda harus menggunakan pelembab kulit tangan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan untuk memilih produk kulit yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, biji anggur, atau biji kacang almond. Selain itu, Anda juga bisa membuat pelembab tangan sendiri dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan madu.

3. Hindari Menggosok Tangan

Ketika Anda merasa gatal atau terangsang oleh jerawat di tangan, Anda mungkin akan merasa ingin menggosoknya. Namun, menggosok tangan adalah hal yang sangat buruk dan dapat menyebabkan jerawat semakin parah. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kapas atau tisu untuk membersihkan tangan Anda, dan jangan lupa untuk mengganti kapas atau tisu tersebut setiap hari.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dengan Cepat

4. Gunakan Masker Wajah untuk Tangan

Setelah membersihkan tangan Anda, Anda juga bisa menggunakan masker wajah untuk mengatasi jerawat di tangan. Masker wajah yang hendak Anda gunakan harus bersifat anti-jerawat, seperti masker wajah alami yang mengandung bentonit, atau masker wajah berbahan dasar minyak zaitun. Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan beberapa tetes jeruk lemon untuk masker wajah yang dapat mengatasi jerawat di tangan.

5. Gunakan Vitamin E

Vitamin E berkhasiat untuk meredakan ruam atau jerawat di tangan. Anda bisa menggunakan kapsul vitamin E untuk meresap ke dalam kulit tangan Anda. Anda juga bisa menggunakan produk kosmetik yang mengandung vitamin E untuk melindungi kulit tangan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim yang mengandung vitamin E setiap hari.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan, juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat di tangan. Pastikan untuk menghindari makanan berlemak dan berminyak karena dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan membantu membuang racun dari tubuh.

7. Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya untuk menghindari kulit tangan Anda dari efek buruk sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah, yang dapat memicu terjadinya jerawat di tangan. Gunakan tabir surya yang mengandung SPF yang tinggi untuk melindungi kulit tangan Anda dari sinar matahari.

8. Gunakan Produk Kosmetik dengan Hati-hati

Jangan lupa untuk memeriksa komposisi produk kosmetik yang Anda gunakan di tangan. Pastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Selain itu, hindarilah produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti alkohol dan paraben. Hindari juga menggunakan produk kosmetik yang berlebihan di tangan Anda, seperti bedak, parfum, dan pewarna rambut.

BACA JUGA:  Mengatasi Jerawat pada Wajah

9. Menghindari Jerawat di Tangan

Selain itu, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya jerawat di tangan. Hindarilah berbagai produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti sabun, scrub, dan pembersih wajah. Juga hindarilah menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan bahan-bahan sintetis. Pastikan juga untuk mengganti alas tangan secara teratur, karena alas tangan yang terlalu lama digunakan dapat menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Jerawat di tangan dapat terjadi karena beberapa alasan, namun ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Mulailah dengan membersihkan tangan secara teratur dan gunakan pelembab tangan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindarilah menggosok tangan, gunakan masker wajah untuk tangan, dan gunakan vitamin E. Juga, pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit tangan Anda dari efek buruk sinar matahari. Terakhir, hindarilah berbagai produk kecantikan yang berbahaya dan pastikan untuk mengganti alas tangan secara teratur.

VideoCara mengatasi Jerawat di Tangan