Cara Mengatasi Jerawat Bruntusan

Cara Mengatasi Jerawat Bruntusan
Source: bing.com

Jerawat bruntusan adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum dan menyebabkan perasaan tidak nyaman, terutama bagi remaja. Jerawat bruntusan biasanya berwarna merah atau hitam, dan dapat terjadi di seluruh wajah atau sebagian besar wajah. Penyebab utama jerawat bruntusan adalah kelebihan minyak, yang disebabkan oleh hormon, stres, atau kurangnya kebersihan wajah. Meskipun tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, Anda dapat mengurangi tingkat keparahan jerawat bruntusan dengan melakukan beberapa langkah perawatan kulit yang tepat.

Tips Mudah untuk Mengatasi Jerawat Bruntusan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan wajah dan mengurangi tingkat keparahan jerawat bruntusan:

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi jerawat bruntusan adalah membersihkan wajah secara teratur. Anda harus melakukannya setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam, dengan sabun atau pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sabun atau pencuci wajah yang berbahan dasar alami lebih disarankan karena bisa mengurangi iritasi kulit. Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan produk yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit, seperti produk yang mengandung alkohol.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Setelah membersihkan wajah, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Produk yang sesuai untuk jerawat bruntusan adalah produk yang dapat mengurangi produksi minyak, mengurangi iritasi, dan membantu mengurangi kemerahan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan produk yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti alkohol, yang bisa memicu iritasi pada kulit.

BACA JUGA:  Apakah Telur Membuat Jerawat?

3. Hindari Merokok dan Makanan Berlemak

Merokok dan makanan yang berlemak berpotensi meningkatkan tingkat keparahan jerawat bruntusan. Oleh karena itu, Anda harus menghindari merokok dan makanan berlemak sebanyak mungkin. Selain itu, cobalah untuk meminum banyak air dan makan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

4. Hindari Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah bisa memicu timbulnya jerawat, terutama jerawat bruntusan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba untuk tidak menyentuh wajah Anda terlalu sering. Jika Anda harus menyentuh wajah, pastikan tangan Anda bersih dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda dengan sabun setelah menyentuh wajah.

5. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu Anda mengatasi jerawat bruntusan dengan cara mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak. Anda dapat membeli masker wajah di toko kosmetik atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami seperti madu, mentimun, atau jus lemon. Jika Anda menggunakan masker wajah, pastikan untuk menggunakannya secara teratur dan pada waktu yang tepat.

Kesimpulan

Jerawat bruntusan adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum. Meskipun tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, Anda dapat mengurangi tingkat keparahan jerawat bruntusan dengan melakukan beberapa langkah perawatan kulit yang tepat, seperti membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, menghindari merokok dan makanan berlemak, menghindari menyentuh wajah, dan menggunakan masker wajah. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi jerawat bruntusan dengan mudah.

VideoCara Mengatasi Jerawat Bruntusan