Cara Mengatasi Jerawat Besar di Hidung

Cara Mengatasi Jerawat Besar Di Hidung
Source: bing.com

Jerawat besar di hidung dapat menjadi masalah karena berbagai alasan. Pertama, jerawat besar menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Kedua, jerawat besar dapat menyebabkan iritasi dan gatal di wajah. Untuk mengatasi jerawat besar di hidung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu melembutkan kulit dan melegakan iritasi di wajah. Caranya, tuangkan air hangat ke dalam handuk, kemudian tempelkan handuk tersebut di wajah selama 5-10 menit. Ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali sehari. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari untuk melakukan kompres hangat.

Gunakan Produk yang Sesuai

Menggunakan produk yang sesuai sangat penting untuk mengatasi jerawat di hidung. Pilih produk yang khusus untuk mengatasi jerawat, seperti produk yang mengandung benzoil peroksida, salicylic acid, atau sulfur. Gunakan produk ini secara teratur sesuai petunjuk yang disertakan. Hal ini dapat membantu mengurangi sebum dan mengurangi jerawat di hidung.

Kurangi Makan Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan di wajah, sehingga meningkatkan risiko jerawat. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan berminyak seperti gorengan, makanan berlemak, daging merah, dan terlalu banyak daging sapi dapat membantu mencegah jerawat di hidung.

Jaga Kebersihan Wajah

Kebiasaan membersihkan wajah adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi jerawat di hidung. Bersihkan wajah Anda 2-3 kali sehari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan untuk mencuci wajah Anda dengan air hangat dan menggunakan sabun yang tidak terlalu keras. Jangan lupa untuk mencuci wajah Anda setelah Anda keluar dari rumah.

BACA JUGA:  Jerawat di Dahi Dekat Rambut: Tips Menghilangkan dan Pencegahan

Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat membantu mengurangi jerawat di hidung. Terutama, perhatikan asupan nutrisi Anda dan jaga pola makan yang sehat. Juga, minum banyak air dan jaga asupan vitamin dari makanan. Ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mengurangi jerawat di hidung.

Hindari Sentuhan Berlebihan

Sentuhan berlebihan pada wajah dapat memicu produksi minyak berlebihan dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, hindari untuk sentuh wajah Anda dengan tangan Anda atau dengan alas bedak atau handuk. Jika Anda harus menyentuh wajah Anda, pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun sebelumnya.

Cari Bantuan Dari Dokter

Jika Anda mengalami jerawat yang tidak bisa disembuhkan, sebaiknya Anda meminta bantuan dari dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi jerawat besar di hidung. Obat-obatan ini biasanya memiliki efek samping, sehingga pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakannya.

Kesimpulan

Jerawat besar di hidung dapat menjadi masalah bagi seseorang. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti kompres hangat, menggunakan produk yang sesuai, mengurangi makan makanan berminyak, menjaga kebersihan wajah, jaga kesehatan tubuh, dan hindari sentuhan berlebihan. Jika Anda masih mengalami jerawat yang tidak bisa disembuhkan, sebaiknya Anda meminta bantuan dari dokter.

VideoCara Mengatasi Jerawat Besar di Hidung