Cara Mengatasi Jerawat Besar

Cara Mengatasi Jerawat Besar
Source: bing.com

Jerawat besar yang tak kunjung hilang bisa sangat mengganggu penampilan. Jerawat besar yang tak kunjung hilang pun bisa mengurangi rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jerawat besar.

1. Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Sesuai

Kulit yang berjerawat bisa membutuhkan perawatan khusus. Carilah produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengatasi jerawat, seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide. Jangan lupa untuk mencari produk yang juga dapat mengatasi iritasi dan menenangkan kulit. Pastikan juga untuk tidak menggunakan produk kosmetik yang berlebihan. Gunakanlah produk kosmetik hanya sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

2. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Jerawat bisa disebabkan oleh kotoran yang menempel di kulit. Jadi, penting untuk menjaga kebersihan wajah secara teratur. Gunakan sabun khusus untuk wajah atau sabun yang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan wajah. Gunakanlah cotton pad untuk menghapus sisa produk kosmetik yang tersisa di wajah. Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin, untuk menutup pori-pori wajah.

3. Jaga Pola Makan dan Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang tinggi lemak dan gula bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan untuk menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Selain itu, juga penting untuk menghindari makanan yang bersifat merusak, seperti makanan berminyak, makanan berlemak tinggi, dan makanan siap saji. Dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat, kamu dapat mencegah jerawat besar.

BACA JUGA:  Acne Jerawat Salep, Solusi Efektif Menghilangkan Jerawat

4. Kurangi Stress

Stress bisa meningkatkan sekresi minyak di kulit, yang bisa memicu timbulnya jerawat. Kamu bisa mengurangi stress dengan berbagai cara, seperti berolahraga, meditasi, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan mengurangi stress, kamu bisa mencegah jerawat besar.

5. Jaga Pola Tidur Yang Teratur

Kurang tidur bisa meningkatkan tingkat stres dan meningkatkan tingkat sekresi minyak di kulit. Jadi, pastikan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Jangan lupa juga untuk beristirahat dan mengistirahatkan wajah dari produk kosmetik sebelum tidur.

6. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah bisa membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat. Kamu bisa memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, kamu bisa menggunakan masker wajah yang mengandung clay atau tea tree oil. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, kamu bisa menggunakan masker wajah yang mengandung aloe vera atau hyaluronic acid.

7. Kurangi Menggaruk Dan Menekan Jerawat

Menggaruk dan menekan jerawat bisa menyebabkan infeksi. Ini bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Jadi, pastikan untuk menghindari menggaruk dan menekan jerawat. Gunakanlah produk kosmetik yang sesuai untuk mengatasi jerawat.

8. Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi air yang cukup. Jangan lupa untuk menghindari merokok dan minum alkohol. Hal ini bisa membantu mencegah jerawat besar.

9. Kunjungi Dokter

Jika cara di atas tidak berhasil mengatasi jerawat besar, maka pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter bisa memberikan pendapat yang lebih baik tentang cara mengatasi jerawat besar. Dokter bisa juga menyarankan produk kosmetik atau obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

BACA JUGA:  Apakah Serum Garnier Bisa Menghilangkan Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat besar yang tak kunjung hilang bisa sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Namun, dengan melakukan beberapa cara di atas, kamu bisa mengatasi jerawat besar. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai, bersihkan wajah secara teratur, jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat, kurangi stress, jaga pola tidur yang teratur, gunakan masker wajah, kurangi menggaruk dan menekan jerawat, perhatikan gaya hidup, dan kunjungi dokter jika diperlukan. Dengan melakukan cara-cara di atas, kamu bisa mengatasi jerawat besar.

VideoCara Mengatasi Jerawat Besar