Cara Mengatasi Jerawat Beruntusan

Cara Mengatasi Jerawat Beruntusan
Source: bing.com

Jerawat beruntusan adalah jenis jerawat yang ditandai dengan komedo hitam dan komedo putih yang berbentuk seperti sedotan. Komedo hitam adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh pembukaan kelenjar minyak di kulit wajah yang terlalu luas. Komedo putih adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh penumpukan sebum dan kulit mati di pori-pori wajah. Jerawat beruntusan biasanya terjadi di bagian wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat beruntusan dapat menyebabkan perasaan malu, tidak percaya diri, dan tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi jerawat beruntusan.

Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi jerawat beruntusan. Ini karena kotoran, kulit mati, dan minyak dapat menyumbat pori-pori wajah Anda dan menyebabkan jerawat beruntusan. Anda harus membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun wajah yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Gunakan air hangat untuk membilas wajah Anda dan keringkan dengan tisu atau handuk yang bersih dan lembut. Setelah membersihkan wajah, Anda dapat menggunakan toner untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran. Jangan lupa untuk menggunakan krim pelembab untuk menjaga agar kulit wajah tetap lembab.

Mengurangi Minyak di Wajah

Minyak berlebih di wajah merupakan salah satu penyebab utama jerawat beruntusan. Untuk mengurangi minyak berlebih, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang khusus untuk jenis kulit berminyak. Pilih produk yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Anda juga harus menghindari produk yang mengandung minyak, seperti produk pembersih wajah, krim pelembab, dan foundation. Hindari juga menggunakan produk yang dapat menyebabkan iritasi seperti salep, pelembab, dan toner dengan bahan aktif yang kuat.

BACA JUGA:  Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Bintik-Bintik

Menghindari Menggaruk atau Menekan Jerawat

Mengaruk atau menekan jerawat dapat menyebabkan luka dan meningkatkan risiko infeksi. Ini juga dapat meningkatkan risiko jerawat beruntusan. Oleh karena itu, penting untuk menghindari menggaruk atau menekan jerawat. Selain itu, hindari terlalu sering menyentuh wajah Anda. Ini karena tangan Anda dapat mengirim kuman dan bakteri ke wajah Anda yang dapat menyebabkan jerawat beruntusan.

Menggunakan Produk yang Tepat

Pemilihan produk yang tepat juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi jerawat beruntusan. Anda harus memilih produk yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid. Pastikan juga bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi seperti alkohol, minyak, dan parfum. Gunakan produk tersebut secara teratur agar jerawat beruntusan dapat teratasi.

Menggunakan Masker Jerawat

Masker jerawat juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi jerawat beruntusan. Masker jerawat dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kulit mati di wajah Anda. Anda dapat memilih masker berbahan alami atau masker yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Gunakan masker secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menjalani Diet Sehat

Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jenuh dapat meningkatkan produksi minyak di wajah Anda. Makanan yang tinggi gula juga dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan protein untuk mengurangi risiko jerawat beruntusan.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih juga dapat membantu mengatasi jerawat beruntusan. Air putih dapat membantu membersihkan sisa-sisa minyak, kotoran, dan kulit mati di wajah Anda. Anda harus mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda tidak suka minum air putih, Anda dapat mengonsumsi jus buah-buahan segar atau air perasan lemon.

BACA JUGA:  Tanda Jerawat Hilang

Menjalani Routine Perawatan Wajah

Rutinitas perawatan wajah yang baik juga sangat penting untuk mengatasi jerawat beruntusan. Rutinitas perawatan wajah yang baik meliputi membersihkan wajah, menggunakan toner, menggunakan produk yang tepat, dan menggunakan masker jerawat. Anda juga harus menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari. Jika Anda tidak yakin tentang cara melakukan perawatan wajah yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kosmetik.

Mengonsumsi Obat-obatan

Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas tetapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi jerawat beruntusan. Obat-obatan yang dapat Anda konsumsi antara lain obat antibiotik, obat antijamur, dan retinoid. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat yang Anda konsumsi aman.

VideoCara Mengatasi Jerawat Beruntusan