Cara Menyembuhkan Jerawat Bernanah

Cara Menyembuhkan Jerawat Bernanah
Source: bing.com

Kondisi jerawat bernanah, di mana infeksi bakteri pada kulitmenghasilkan bintik merah atau lepuh merah yang menyakitkan,menimbulkan masalah kulit yang serius. Jerawat bernanah jugadikenal sebagai jerawat vulgaris atau jerawat kronis. Anda dapatmenemukan jerawat bernanah di muka, leher, punggung, dan bagiantubuh lainnya. Beberapa gejala jerawat bernanah termasukbintik merah, bintik putih, kulit yang gatal, dan pus yang berasaldari kulit.

Apa Penyebab Jerawat Bernanah?

Jerawat bernanah terjadi ketika pori-pori di kulit anda tersumbat dengan minyak atau kotoran. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) berkembang biak dalamnya. Bakteri tersebut menyebabkan infeksi kulit yang menyebabkan jerawat bernanah. Beberapa faktor lain yang memperburuk jerawat bernanah adalah stres, minyak berlebih di kulit, kosmetik yang menyumbat pori-pori, dan kontak dengan bahan kimia.

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah

Untuk mengatasi masalah jerawat bernanah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, pastikan untuk menjaga kebersihan kulit Anda. Jaga kulit Anda tetap bersih dengan membersihkan bila perlu, misalnya dengan mencuci wajah Anda setiap hari dengan sabun pembersih kulit yang sesuai. Selain itu, hindari menggunakan produk kosmetik yang menyumbat pori-pori. Kedua, hindari stres. Ketika Anda merasa stres, hal ini dapat memperburuk jerawat bernanah Anda. Anda dapat mencoba beberapa teknik relaksasi untuk mengurangi stres seperti yoga, meditasi, atau permainan video. Ketiga, makan makanan yang sehat. Makanan yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menjaga kulit anda tetap sehat. Makanan yang kaya akan air juga dapat membantu menyembuhkan jerawat bernanah. Selain itu, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Keempat, gunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Gunakan produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat dan selalu gunakan produk yang memiliki SPF untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.Kelima, gunakan obat jerawat yang diresepkan oleh dokter. Jika Anda mengalami jerawat bernanah yang berat, Anda dapat mencoba obat-obatan jerawat yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan tersebut dapat membantu mengurangi jerawat bernanah dan menyembuhkan infeksi.

BACA JUGA:  Mengenal BB Cream untuk Kulit Sensitif atau Jerawat

Kesimpulan

Jerawat bernanah adalah masalah kulit yang serius. Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda, menghindari stres, makan makanan yang sehat, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat mengurangi jerawat bernanah dan menjaga kesehatan kulit Anda.

VideoCara Menyembuhkan Jerawat Bernanah