Cara Mengatasi Bengkak akibat Jerawat

Cara Mengatasi Bengkak Akibat Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum, terutama pada remaja dan orang dewasa muda. Jerawat dapat menyebabkan bengkak di area yang terkena, dan dapat menjadi sangat mengganggu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi bengkak akibat jerawat.

1. Menggunakan Obat Jerawat dengan Benzoil Peroksida

Benzoil Peroksida adalah salah satu obat jerawat yang paling populer. Benzoil Peroksida bekerja dengan menghilangkan minyak berlebih dari kulit yang menyebabkan jerawat, dan juga dapat membantu mengurangi bengkak akibat jerawat. Namun, pastikan untuk memilih produk yang tepat, dan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Jangan gunakan Benzoil Peroksida jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

2. Menggunakan Obat Jerawat yang Mengandung Salisilat

Salisilat adalah bahan aktif yang terkandung dalam banyak produk perawatan kulit, termasuk obat jerawat. Salisilat bekerja dengan cara menghilangkan minyak berlebih, yang dapat membantu mengurangi bengkak akibat jerawat. Namun, gunakan dengan hati-hati, karena Salisilat dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

3. Menggunakan Masker Jerawat

Masker jerawat adalah cara lain untuk mengurangi bengkak akibat jerawat. Masker jerawat dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah bakteri yang menyebabkan jerawat. Masker jerawat juga dapat membantu mengurangi bengkak akibat jerawat. Masker jerawat dapat dibuat dengan mudah di rumah, atau dibeli di toko kosmetik atau di apotek.

BACA JUGA:  Apakah Benar Makan Kacang Dapat Menimbulkan Jerawat?

4. Pemijatan

Pemijatan adalah cara lain yang dapat Anda coba untuk mengurangi bengkak akibat jerawat. Pemijatan juga dapat membantu mengurangi stres, yang juga dapat menyebabkan jerawat. Pemijatan dapat membantu meredakan bengkak dan memberikan rasa nyaman pada kulit.

5. Makan Makanan Sehat

Makanan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda, dan membantu mengurangi jerawat dan bengkak akibat jerawat. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda, dan mengurangi bengkak akibat jerawat.

6. Menghindari Stres

Stres adalah salah satu penyebab jerawat, dan juga dapat memperburuk bengkak akibat jerawat. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk berolahraga, tidur lebih banyak, dan mencari cara untuk meredakan stres, seperti meditasi atau yoga.

7. Menghindari Produk Makeup Berminyak

Produk makeup berminyak dapat memperburuk bengkak akibat jerawat. Produk makeup yang mengandung minyak dapat menutupi lubang pori, yang dapat menjadi sumber bakteri jerawat. Untuk menghindari ini, cobalah untuk menggunakan produk makeup yang bebas minyak, dan hindari menggunakan makeup berlebihan.

8. Menggunakan Bibir Balsam

Bibir balsam dapat membantu mengurangi bengkak akibat jerawat. Bibir balsam yang mengandung mentol dapat membantu mengurangi ruam dan bengkak, dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Cobalah untuk menggunakan bibir balsam setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Menghindari Menggaruk atau Menekan Jerawat

Menggaruk atau menekan jerawat dapat memperburuk bengkak dan membuat jerawat lebih parah. Garukan dan tekanan yang berlebihan dapat membuat jerawat semakin bengkak dan menyebabkan infeksi. Jadi, jangan pernah menggaruk atau menekan jerawat Anda.

10. Berobat ke Dokter

Jika Anda mengalami jerawat parah, maka ada baiknya untuk berobat ke dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengobati jerawat dan mengurangi bengkak akibat jerawat. Dokter juga dapat memberikan saran tentang cara untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

BACA JUGA:  Jerawat di Hairline: Apa yang Menyebabkannya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kesimpulan

Bengkak akibat jerawat dapat menjadi sangat mengganggu, tapi Anda dapat mengatasinya dengan berbagai cara. Cara-cara tersebut antara lain menggunakan obat jerawat dengan benzoil peroksida, menggunakan obat jerawat yang mengandung salisilat, menggunakan masker jerawat, melakukan pemijatan, makan makanan sehat, menghindari stres, menghindari produk makeup berminyak, menggunakan bibir balsam, menghindari menggaruk atau menekan jerawat, dan berobat ke dokter. Dengan menerapkan tips-tips tersebut dengan benar, maka Anda dapat mengurangi bengkak akibat jerawat.

VideoCara Mengatasi Bengkak akibat Jerawat