Cara Memudarkan Bekas Jerawat Hitam

Cara Memudarkan Bekas Jerawat Hitam
Source: bing.com

Kebanyakan orang akan menghadapi masalah jerawat di usia remaja. Tak hanya itu, bekas jerawat juga menjadi masalah yang mengganggu. Menurut riset, paling tidak 70% remaja di berbagai belahan dunia mengalami masalah jerawat. Bekas jerawat hitam adalah salah satu jenis bekas jerawat yang paling sulit untuk hilang. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Kenali Faktor Penyebab Bekas Jerawat Hitam

Mengenali penyebab bekas jerawat hitam adalah hal yang penting agar kamu bisa mengetahui cara memudarkan bekas jerawat hitam yang tepat. Bekas jerawat hitam disebabkan oleh pembengkakan pori-pori yang berisi sel darah yang menyebabkan warna kulit yang lebih gelap. Selain itu, bekas jerawat hitam juga disebabkan oleh tingginya kadar melanin yang membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Faktor lain yang menyebabkan bekas jerawat hitam diantaranya adalah ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat, dan juga minum alkohol. Jika kamu mengenali faktor-faktor ini, kamu bisa mencari cara yang tepat untuk mengatasi bekas jerawat hitam.

Konsumsi Vitamin C dan E untuk Memudarkan Bekas Jerawat Hitam

Vitamin C dan E bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat hitam. Vitamin C berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dan mengurangi produksi melanin. Vitamin E juga membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi vitamin C dan E setiap hari dapat membantu mengurangi bekas jerawat hitam. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E seperti jeruk, tomat, pepaya, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

BACA JUGA:  Quotes Jerawat Rindu Yang Bikin Baper

Gunakan Skincare yang Tepat

Gunakan produk skincare yang tepat untuk merawat kulit dan memudarkan bekas jerawat hitam. Gunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid, retinoid, dan asam salisilat seperti sabun, toner, dan moisturizer. AHA dapat membantu mencerahkan kulit dan melembutkan lapisan kulit. Retinoid juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Asam salisilat dapat membantu memudarkan bekas jerawat hitam dengan membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Kompres Jerawat dengan Teh Hijau

Teh hijau juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat hitam. Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol yang dapat membantu mencegah produksi melanin dan mencerahkan kulit. Caranya adalah tuangkan satu cangkir teh hijau dalam gelas dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, kompreskan teh hijau ke bagian kulit yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Gunakan Masker Alami

Masker alami juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat hitam. Masker alami seperti masker putih telur, masker madu, dan masker yogurt dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat hitam. Caranya adalah campurkan semua bahan-bahan tadi dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker alami ini aman digunakan setiap hari.

Lakukan Perawatan Klinis

Jika cara-cara di atas tidak mempan, kamu bisa melakukan perawatan klinis untuk memudarkan bekas jerawat hitam. Beberapa perawatan klinis yang dapat dilakukan diantaranya adalah laser, peeling kimia, dan juga terapi cahaya. Perawatan ini dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan warna kulit. Namun, sebelum melakukan perawatan klinis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat di Leher dan Rahang

Kesimpulan

Bekas jerawat hitam adalah salah satu jenis bekas jerawat yang paling sulit untuk hilang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena beberapa cara di atas dapat membantu mengatasi masalah ini. Mulailah dengan mengonsumsi vitamin C dan E, gunakan produk skincare yang tepat, lakukan kompres teh hijau, gunakan masker alami, dan jika perlu kamu bisa melakukan perawatan klinis. Sebaiknya sebelum melakukan perawatan klinis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.

VideoCara Memudarkan Bekas Jerawat Hitam