Cara Membuat Masker Lemon untuk Jerawat

Cara Membuat Masker Lemon Untuk Jerawat
Source: bing.com

Masker wajah merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi jerawat. Masker wajah yang terbuat dari bahan alami seperti lemon juga bisa membantu membuat kulit wajah lebih cerah dan bersih. Masker lemon ini berfungsi untuk membersihkan kulit wajah yang terkena jerawat serta dapat membantu menghilangkan komedo dan sel kulit mati sehingga kulit wajah lebih bersih dan sehat.

Membuat masker lemon untuk jerawat tidaklah sulit. Pastikan untuk menggunakan lemon segar dan menghilangkan biji-bijinya. Berikut ini adalah cara membuat masker lemon untuk jerawat.

1. Siapkan Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker lemon untuk jerawat adalah sebuah lemon, 1 sendok madu, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Lemon dapat dibelah menjadi 2 bagian, lalu ambil air perasannya.

2. Campurkan Bahan-bahan

Setelah semua bahan-bahan siap, campurkan air perasan lemon dengan madu dan minyak zaitun. Aduk semua bahan-bahan tersebut sampai menjadi satu campuran yang homogen.

3. Oleskan di Kulit Wajah

Setelah campuran masker lemon siap, oleskan pada wajah yang berjerawat. Usapkan dengan lembut dan biarkan selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk menghindari kontak dengan mata. Setelah selesai, cuci muka dengan air hangat.

4. Lakukan Routine Setiap Hari

Kemudian, lakukan routine masker lemon untuk jerawat ini secara rutin setiap hari agar jerawat dapat teratasi dengan cepat. Dengan rutinitas masker ini, kulit pun akan terlihat lebih cerah dan sehat.

BACA JUGA:  Benjolan di Kelamin Wanita Seperti Jerawat: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

5. Konsumsi Vitamin C

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, konsumsilah vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi jerawat. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, dan kiwi.

6. Hindari Makanan Berlemak dan Manis

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, jangan lupa untuk menghindari jenis makanan berlemak dan manis. Makanan ini dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi, carilah makanan yang sehat dan bermanfaat bagi kulit wajah.

7. Jaga Kebersihan Wajah

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah. Cuci wajah dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit setiap hari. Gunakan pembersih wajah yang khusus untuk jerawat dan hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Jika perlu, gunakan toner setelah membersihkan wajah agar kulit wajah tidak kering.

8. Pijat Wajah

Selain itu, pijatlah wajah menggunakan gerakan yang lembut. Pijat wajah secara perlahan dan rutin terutama pada daerah yang berjerawat. Gerakan pijat akan membantu mengeluarkan minyak berlebih serta mengurangi jerawat. Jangan lupa untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pengurang ketegangan pada kulit.

9. Hindari Stress

Selain melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas, hindari stress juga dapat membantu mengurangi jerawat. Stress dapat menyebabkan produksi minyak berlebih dan dapat berdampak pada jerawat. Untuk itu, lakukan aktivitas yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau berolahraga.

10. Konsultasi ke Dokter

Jika masalah jerawat tidak kunjung sembuh ataupun bertambah parah, segeralah konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk masalah jerawat. Carilah dokter yang memiliki pengalaman dan sertifikasi untuk menangani masalah kulit.

BACA JUGA:  Makanan dan Minuman yang Menimbulkan Jerawat

Kesimpulan

Masker lemon untuk jerawat merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Membuat masker lemon untuk jerawat tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti instruksi dengan benar. Selain itu, hindari stress dan laporkan masalah jerawat yang parah ke dokter.

VideoCara Membuat Masker Lemon untuk Jerawat