Cara Membersihkan Wajah dari Jerawat

Cara Membersihkan Wajah Dari Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah umum yang biasa menyerang remaja, dan banyak orang berusaha menghilangkannya. Meskipun tidak ada obat secara instan untuk jerawat, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan wajah dari jerawat dan mencegah timbulnya jerawat di masa depan. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan wajah dari jerawat.

Cuci Wajah Anda 2 Kali Sehari

Salah satu cara paling efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat adalah dengan mencuci wajah Anda 2 kali sehari. Gunakan sabun mild yang khusus untuk kulit berjerawat. Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih yang mengandung kandungan salicylic acid. Pijat wajah anda dengan lembut saat menggunakan sabun, lalu bilas dengan air dingin. Jika Anda melewatkan kedua sesi mencuci wajah, kotoran dan minyak yang menempel pada kulit akan menyumbat pori-pori Anda dan dapat menyebabkan jerawat baru.

Kurangi Penggunaan Produk Bedak

Produk bedak bisa menyumbat pori-pori wajah, terutama jika Anda suka menggunakan bedak padat. Jika Anda ingin menggunakan bedak, cobalah menggunakan bedak tabur. Bedak tabur tidak menyumbat pori-pori seperti bedak padat, dan juga menghasilkan efek alami yang lebih baik. Jika Anda memiliki kulit berjerawat, cobalah untuk menggunakan produk bedak yang memiliki kandungan salicylic acid untuk membantu mengurangi jerawat.

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah merupakan produk yang dapat membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat. Gunakanlah masker wajah yang khusus untuk kulit berjerawat, karena mereka dapat membantu Anda mengurangi minyak dan kotoran di wajah. Masker wajah juga dapat menenangkan kulit yang berjerawat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang iritasi. Masker wajah juga bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

BACA JUGA:  Cara Cepat Sembuhkan Jerawat

Gunakan Pelembab

Pelembab yang tepat juga bisa membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat. Gunakan pelembab yang ringan dan jangan lupa untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembab akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi iritasi di wajah. Carilah pelembab yang mengandung kandungan salicylic acid dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Gunakan Scrub Wajah

Scrub wajah juga bisa membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat. Gunakan scrub wajah yang ringan seperti scrub yang mengandung bubuk kopi atau madu. Pijat wajah Anda dengan lembut saat menggunakan scrub, dan hindari scrub yang terlalu kasar. Scrub akan membantu Anda membersihkan kulit dari sel kulit mati dan minyak yang menempel di wajah. Anda juga bisa menggunakan scrub yang mengandung kandungan salicylic acid.

Gunakan Penyegar Wajah

Penyegar wajah adalah produk yang dapat membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat. Penyegar wajah akan membantu Anda menghilangkan sel kulit mati dan kotoran di wajah. Gunakan penyegar wajah yang berbahan alami seperti lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa mencoba menggunakan toner yang mengandung kandungan salicylic acid.

Gunakan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral juga bisa membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat. Vitamin E dan vitamin C adalah vitamin yang dapat membantu membersihkan wajah dari jerawat. Vitamin E membantu menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin C membantu mencegah penuaan dini dan menghambat produksi minyak berlebih di wajah. Mineral seperti zinc dan magnesium juga bisa membantu Anda dalam membersihkan wajah dari jerawat.

Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Ini adalah alasan lain mengapa Anda harus menghindari kedua hal tersebut. Merokok dan minuman beralkohol juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah, yang dapat menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Jerawat Acnol: Mengatasi Jerawat dan Menjaga Kebersihan Kulitmu

Hindari Produk Makanan dan Minuman Manis

Produk makanan dan minuman manis dapat meningkatkan produksi minyak di wajah, yang berarti bahwa Anda harus menghindarinya. Selain itu, produk makanan dan minuman manis juga dapat meningkatkan risiko terkena jerawat. Jika Anda ingin mengurangi risiko terkena jerawat, cobalah untuk mengurangi konsumsi produk makanan dan minuman manis.

Kesimpulan

Membersihkan wajah dari jerawat bukanlah proses yang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Namun, jika Anda mengikuti cara-cara di atas, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan dalam membersihkan wajah dari jerawat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah Anda dan mengikuti tips di atas agar wajah Anda tetap bersih dan sehat.

VideoCara Membersihkan Wajah dari Jerawat