Cara Hilangkan Kemerahan Jerawat

Cara Hilangkan Kemerahan Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dihadapi setiap orang. Tidak hanya remaja saja yang mengalami jerawat, orang dewasa pun bisa mengalami jerawat. Kemerahan yang disebabkan oleh jerawat ini dapat membuat Anda merasa malu dan canggung. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

1. Pembersih Wajah

Ketika jerawat muncul, penting untuk membersihkan wajah dengan benar. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan wajah terutama di daerah yang berjerawat. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah. Jangan menggunakan air panas atau air dingin karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras saat membersihkan.

2. Perawatan Kulit

Jagalah agar kulit tetap bersih dan kering. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak daun teh atau minyak zaitun untuk melembabkan kulit. Menggunakan lotion untuk kulit berjerawat dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Juga, pastikan untuk menghindari produk yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

3. Masker Wajah

Masker wajah membantu menyamarkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan masker wajah yang mengandung ekstrak buah-buahan dan sayuran seperti lemon, tomat, atau alpukat. Masker ini dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan masker wajah ini secara teratur agar kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dapat hilang dengan cepat.

BACA JUGA:  Jerawat pada Kemaluan Lelaki

4. Air Hangat

Cara lain yang dapat membantu menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat adalah dengan menggunakan air hangat. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah Anda. Air hangat akan membantu melembutkan kulit dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Pastikan untuk tidak menggunakan air panas atau air dingin untuk membasuh wajah Anda.

5. Masker Es

Masker es dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan es batu atau es krim, lalu gunakan tisu untuk membungkusnya. Lalu, aplikasikan tisu yang telah dibungkus es di wajah Anda. Masker es akan membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan masker es ini secara teratur agar kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dapat hilang dengan cepat.

6. Vitamin C

Menambahkan makanan yang kaya akan vitamin C dalam pola makan dapat membantu menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Makanan seperti jeruk, stroberi, paprika merah, dan brokoli merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C akan membantu mencerahkan kulit dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

7. Minum Air banyak

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Air putih dapat membantu membersihkan toksin dari dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan hormon. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

8. Meminimalkan Produk Makeup

Menggunakan produk makeup dapat memperburuk keadaan jerawat. Gunakan produk makeup yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda memiliki jerawat, cobalah untuk tidak menggunakan produk makeup terlalu banyak. Jika Anda memang ingin menggunakan produk makeup, pastikan untuk membersihkan wajah Anda dengan benar saat Anda menghapusnya.

BACA JUGA:  Sabun Muka Menghilangkan Bekas Jerawat Pria

9. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh pada kondisi kulit. Hindari makanan berlemak dan makanan yang tinggi kalori. Makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral juga dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Konsumsilah makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan seafood untuk membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

10. Obat Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat parah, Anda dapat mencoba menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar Anda dapat mengetahui jenis obat yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Jerawat dapat menyebabkan kemerahan pada wajah. Namun, dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Mulailah dengan membersihkan wajah dengan benar dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup setiap hari. Jika Anda memiliki jerawat parah, Anda dapat mencoba menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dengan cepat dan efektif.

VideoCara Hilangkan Kemerahan Jerawat