Cara Hilangkan Jerawat Bengkak dengan Mudah

Cara Hilangkan Jerawat Bengkak Dengan Mudah
Source: bing.com

Jerawat bengkak adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Ini terjadi karena minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit yang menumpuk di pori-pori. Ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan bengkak. Ini dapat menjadi tidak menyenangkan dan akhirnya meninggalkan bekas luka di wajah Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat bengkak.

Apa Penyebab Jerawat Bengkak?

Keradangan pada kulit adalah penyebab utama jerawat bengkak. Hal ini dapat disebabkan oleh kombinasi dari bakteri Propionibacterium acnes dan pelepasan zat kimia dari sel-sel kulit yang disebut leukotrien. Kedua zat ini bekerja sama untuk menyebabkan keradangan pada kulit. Keradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Selain itu, beberapa faktor lain juga dapat memicu jerawat bengkak. Ini termasuk polusi, debu, paparan sinar matahari, produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia, dan stres. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda juga lebih rentan terhadap jerawat bengkak.

Apa Cara Mengatasi Jerawat Bengkak?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat bengkak. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan wajah Anda. Ini termasuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari dengan sabun pembersih khusus kulit berminyak dan menjaga agar area wajah tidak terkena polusi. Anda juga harus menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Meradang dengan Mudah

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa obat alami untuk mengurangi jerawat bengkak. Beberapa obat alami yang dapat Anda coba adalah air jeruk nipis, madu, dan bawang putih. Ini dapat membantu mengurangi inflamasi dan mengurangi bengkak. Anda juga dapat menggunakan masker alami seperti masker tomat dan masker oatmeal untuk mengurangi keradangan.

Jika Anda masih belum melihat hasil yang memuaskan dengan obat alami, mungkin saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat bengkak. Ini bisa berupa antibiotik, obat yang mengandung retinoid, atau obat yang mengandung asam salisilat. Dokter juga dapat meresepkan krim steroid yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kemerahan.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Obat?

Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat untuk jerawat bengkak. Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, kulit kering, dan bintik-bintik hitam. Oleh karena itu, selalu ikuti petunjuk dokter dan aturan dosis yang diberikan. Jika Anda menemukan efek samping yang tidak biasa, segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter.

Selain itu, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini termasuk sabun wajah, lotion, dan pelembab. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih produk yang akan mengurangi minyak dan mengontrol produksi minyak. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan produk yang akan melembabkan kulit Anda. Dengan menjaga kelembaban kulit Anda, Anda dapat mencegah jerawat bengkak.

Apa Lagi yang Bisa Dilakukan?

Selain menggunakan obat-obatan dan produk perawatan kulit, Anda juga harus berhati-hati dengan makanan yang Anda makan. Makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan gula dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memicu keradangan. Oleh karena itu, hindari makanan seperti makanan berlemak dan makanan olahan, dan pilih makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

BACA JUGA:  Manfaat Pijat Jerawat untuk Kulit

Anda juga harus membatasi paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan berminyak. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Stres juga dapat memicu jerawat bengkak. Jadi, cobalah untuk melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan berjalan-jalan di taman. Ini dapat membantu Anda untuk merasa lebih tenang dan dapat membantu mengurangi keradangan pada kulit.

Kesimpulan

Jerawat bengkak adalah masalah umum bagi banyak orang. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat bengkak, termasuk menjaga kebersihan wajah Anda, menggunakan obat alami, dan menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dengan makanan yang Anda makan, membatasi paparan sinar matahari, dan melakukan teknik relaksasi untuk mengurangi stres. Dengan mengikuti saran di atas, Anda akan dapat menghilangkan jerawat bengkak dengan mudah.

VideoCara Hilangkan Jerawat Bengkak dengan Mudah