Cara Hilangkan Bekas Jerawat

Cara Hilangkan Bekas Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dihadapi oleh banyak orang. Meskipun jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius, jerawat dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan malu. Setelah jerawat sembuh, kadang-kadang Anda dapat menghadapi masalah lain, yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat dapat menyebabkan masalah psikologis dan mengurangi kepercayaan diri. Untungnya, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Gunakan Kosmetik yang Diformulasikan untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Kosmetik yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan bekas jerawat dapat diperoleh di apotek atau toko kosmetik. Produk ini umumnya mengandung bahan-bahan seperti asam glikolat dan asid salisilat yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Produk seperti ini biasanya juga mengandung bahan-bahan berfungsi untuk melembutkan kulit. Gunakan produk ini sesuai petunjuk yang ada di kemasan.

2. Gunakan Masker Buah dan Sayur

Masker buah dan sayur dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami. Gunakan masker buah seperti alpukat dan pisang, yang merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kulit. Sayuran seperti brokoli juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Masker buah dan sayur dapat dibuat dengan cara menghancurkan buah atau sayuran dan mencampurkannya dengan sedikit air. Aplikasikan masker ini ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:  Harga Sabun Penghilang Jerawat yang Terjangkau

3. Gunakan Es

Es bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Es dapat mengurangi kemerahan dan mengecilkan pori-pori. Es juga dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang mungkin terjadi akibat bekas jerawat. Anda dapat membuat es dari air dingin atau es batu yang ditaburi pada kapas. Kemudian aplikasikan es pada bekas jerawat selama beberapa menit. Ulangi setiap hari sampai bekas jerawat hilang.

4. Gunakan Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kulit. Vitamin A berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, sehingga bekas jerawat dapat hilang dengan cepat. Vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan memperkuat jaringan ikat yang terdapat di bawah kulit. Anda dapat mendapatkan vitamin A dari makanan seperti telur, ikan, dan sayuran hijau. Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin A untuk meningkatkan kesehatan kulit.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh yang kaya akan antioksidan. Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kemerahan. Minyak zaitun juga dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan proses penyembuhan. Aplikasikan minyak zaitun secara teratur pada bekas jerawat sebelum tidur malam. Anda juga dapat mencampurkan minyak zaitun dengan beberapa tetes air jeruk lemon untuk meningkatkan efeknya.

6. Gunakan Bakteri Asam Laktat

Bakteri asam laktat (Lactobacillus) banyak terdapat dalam produk susu fermentasi seperti yoghurt. Bakteri ini dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat dengan cara membunuh bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, bakteri asam laktat juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Anda dapat menemukan yoghurt probiotik di toko-toko swalayan. Konsumsilah yoghurt sebanyak mungkin setiap hari untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

BACA JUGA:  Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat: Day Cream Penghilang Bekas Jerawat

7. Gunakan Masker Terbuat dari Telur

Telur merupakan sumber protein yang kaya akan vitamin dan mineral. Protein dapat memperkuat jaringan ikat kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat. Anda dapat membuat masker alami dengan menggunakan satu atau dua putih telur. Kocok putih telur dan aplikasikan pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Masker telur ini dapat membantu membersihkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

8. Gunakan Es Batu yang Dicampur dengan Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan. Jahe juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan antijamur yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri berbahaya. Anda dapat membuat es batu jahe dengan mencampurkan jahe yang telah dihaluskan dengan air dan es batu. Aplikasikan es batu jahe ini pada wajah Anda secara teratur.

9. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat. Anda dapat membuat masker teh hijau dengan cara merebus teh hijau dan mencampurkannya dengan sedikit air. Aplikasikan masker ini pada wajah selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

10. Gunakan Aloe Vera

Aloe vera mengandung antioksidan dan anti inflamasi

VideoCara Hilangkan Bekas Jerawat