Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Kecil

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Kecil
Source: bing.com

Jerawat bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Meskipun jerawat kecil relatif tidak berbahaya, kehadirannya masih dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Jerawat kecil dapat muncul di mana saja di wajah, termasuk pipi, dagu, leher, dan dahi. Berikut ini adalah beberapa cara cepat menghilangkan jerawat kecil.

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Cuci wajah secara teratur adalah cara paling sederhana untuk mengatasi jerawat kecil. Routine yang disarankan adalah 2 kali dalam sehari. Gunakan sabun muka yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jangan menggosok wajah dengan kuat ketika membersihkan, karena hal ini dapat merusak kulit Anda dan menyebabkan jerawat lebih banyak. Juga, hindari menggunakan scrub yang terlalu keras karena hal ini dapat membuat kulit menjadi iritasi.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit seperti toner, lotion, dan pelembab dapat membantu Anda untuk mengatasi jerawat kecil. Produk ini dapat membantu membersihkan kulit secara mendalam sehingga jerawat kecil dapat hilang. Gunakan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jika produk yang Anda gunakan terlalu keras, maka dapat membuat kulit Anda iritasi. Saran terbaik adalah untuk menggunakan produk yang ditujukan untuk jenis kulit Anda.

3. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat memicu jerawat kecil. Asap rokok dapat menyumbat pori-pori kulit Anda sehingga menyebabkan jerawat. Alkohol juga dapat memicu jerawat karena mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesehatan kulit. Jadi, hindari merokok dan minum alkohol jika Anda ingin menghilangkan jerawat kecil.

BACA JUGA:  Gimana Caranya Menghilangkan Jerawat?

4. Cobalah Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu membersihkan kulit Anda dari sel kulit mati dan minyak berlebih. Masker wajah juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Pilih masker yang tepat untuk jenis kulit Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda juga dapat membuat masker wajah sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, mentimun, dan bengkoang.

5. Gunakan Bibir dan Obat Jerawat

Bibir dan obat jerawat dapat membantu Anda mengurangi jerawat kecil. Gunakan bibir yang memiliki kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide, atau tea tree oil. Aplikasikan bibir ke area yang terkena jerawat dan biarkan selama beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan obat jerawat seperti gel atau krim. Gunakan obat jerawat sesuai petunjuk dokter Anda. Pastikan untuk tidak menggunakan produk yang terlalu keras karena hal ini dapat menyebabkan iritasi.

6. Jangan Sentuh Jerawat Anda

Sentuhan pada jerawat dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah. Sentuhan dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih lama dan berpotensi meninggalkan bekas luka. Jadi, hindari menyentuh jerawat Anda dengan tangan Anda. Jika Anda merasa perlu menyentuh jerawat, gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.

7. Minum Cukup Air

Minum air putih secara teratur juga dapat membantu Anda menghilangkan jerawat kecil. Air putih dapat membantu membersihkan kulit Anda secara mendalam dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dapat membantu Anda menghilangkan jerawat kecil. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih. Juga, hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh karena hal ini dapat memicu jerawat.

BACA JUGA:  Kenapa Jerawat di Dagu Gatal?

9. Beristirahat Cukup

Kurang tidur bisa membuat kulit Anda menjadi kurang sehat dan berjerawat. Jadi, pastikan untuk mendapatkan cukup istirahat agar kulit Anda tetap sehat dan bersih. Saran yang disarankan adalah 8 jam tidur setiap malam. Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk melakukan relaksasi dan meditasi untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

10. Cari Bantuan Dari Dokter

Jika Anda masih berjuang untuk menghilangkan jerawat kecil, Anda mungkin memerlukan bantuan dokter. Dokter dapat memberikan obat atau saran untuk membantu Anda mengatasi masalah jerawat. Juga, dokter dapat membantu Anda memilih produk yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat kecil bisa mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Namun, Anda dapat menghilangkan jerawat kecil dengan beberapa cara seperti mencuci wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit, menghindari merokok dan minum alkohol, menggunakan masker wajah, dan menggunakan bibir dan obat jerawat. Juga, pastikan untuk minum cukup air, konsumsi makanan sehat, dan beristirahat cukup. Jika Anda masih berjuang untuk menghilangkan jerawat kecil, carilah bantuan dokter.

VideoCara Cepat Menghilangkan Jerawat Kecil