Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Batu

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Batu
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang cukup mengganggu dan sering kali sulit untuk dihilangkan. Jerawat batu biasanya berwarna hitam, berbentuk bulat, dan terasa nyeri saat disentuh. Jerawat batu juga dikenal sebagai jerawat berukuran besar yang disebabkan oleh sebuah kantung berisi nanah yang terjebak di bawah kulit. Meskipun tidak selalu berbahaya, jerawat batu dapat berdampak buruk pada kepercayaan diri dan penampilan. Apalagi bagi yang memiliki wajah yang berjerawat, maka pastinya akan merasa tidak nyaman dan malu untuk berhadapan dengan orang lain.

Mengatasi jerawat batu memang bukan perkara mudah. Tetapi, jika Anda mengetahui cara yang tepat, Anda akan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat batu dari wajah Anda dengan cepat dan aman. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi jerawat batu.

1. Gunakan Masker Asam Salisilat

Masker asam salisilat adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu. Asam salisilat merupakan komponen yang dapat membantu menghilangkan nanah yang berkumpul di dalam pori-pori kulit. Masker asam salisilat juga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat batu Anda dapat hilang dengan cepat.

2. Gunakan Masker Berbasis Lemon

Masker berbasis lemon dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi jerawat batu. Lemon dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, sehingga jerawat batu dapat hilang dengan cepat. Lemon juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan membantu mencerahkan warna kulit yang kusam. Anda bisa membuat masker berbasis lemon sendiri dengan mencampurkan jus lemon dengan sedikit air dan menggunakannya pada wajah selama 15-20 menit.

BACA JUGA:  Pencuci Sariayu Untuk Jerawat

3. Gunakan Masker Yogurt dan Madu

Masker yogurt dan madu juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu. Yogurt dan madu dapat membantu mengempeskan jerawat batu dan mencegah timbulnya jerawat baru. Cara membuat masker yogurt dan madu adalah dengan mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

4. Gunakan Masker Tomat dan Jeruk Nipis

Masker tomat dan jeruk nipis juga dapat Anda coba untuk mengatasi jerawat batu. Tomat dan jeruk nipis kaya akan vitamin C, sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat batu dan mencerahkan warna kulit. Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis adalah dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan air jeruk nipis. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

5. Gunakan Masker Tepung Beras dan Jeruk Limau

Masker tepung beras dan jeruk limau juga merupakan cara yang baik untuk mengatasi jerawat batu. Tepung beras dan jeruk limau memiliki sifat pembersih yang baik, sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Cara membuat masker tepung beras dan jeruk limau adalah dengan mencampurkan tepung beras dan air jeruk limau sampai menjadi sebuah pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

6. Gunakan Masker Susu dan Putih Telur

Masker susu dan putih telur adalah cara lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi jerawat batu. Susu dan putih telur kaya akan protein dan lemak, sehingga dapat membantu melembutkan kulit dan mencerahkan warna kulit yang kusam. Cara membuat masker susu dan putih telur adalah dengan mencampurkan satu sendok makan susu dengan satu putih telur. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

BACA JUGA:  Jerawat di Tangan dan Punggung

7. Gunakan Masker Tepung Jagung dan Jus Pepaya

Masker tepung jagung dan jus pepaya juga dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu. Tepung jagung memiliki sifat pelembab yang baik, sehingga dapat membantu melembutkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru. Sedangkan jus pepaya dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah. Cara membuat masker tepung jagung dan jus pepaya adalah dengan mencampurkan tepung jagung dengan jus pepaya sampai menjadi sebuah pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

8. Gunakan Masker Oatmeal dan Jus Tomat

Masker oatmeal dan jus tomat juga dapat Anda coba untuk mengatasi jerawat batu. Oatmeal memiliki sifat pelembut dan jus tomat dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah. Cara membuat masker oatmeal dan jus tomat adalah dengan mencampurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan jus tomat. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

9. Gunakan Masker Kentang dan Jus Lemon

Masker kentang dan jus lemon adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu. Kentang dan jus lemon kaya akan vitamin C, y

VideoCara Ampuh Mengatasi Jerawat Batu