Cara Agar Jerawat Hilang Dalam Waktu Singkat

Cara Agar Jerawat Hilang Dalam Waktu Singkat
Source: bing.com

Mungkin banyak orang yang merasa frustasi saat menghadapi jerawat. Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari masalah kulit, pola hidup, pola makan, hingga kondisi hormonal. Meskipun tidak membahayakan, jerawat bisa mengurangi rasa percaya diri dan menyebabkan seseorang merasa malu. Untungnya, ada beberapa cara efektif untuk mengatasi jerawat dan mengembalikan kulit Anda ke kondisi sehat.

1. Bersihkan Kulit

Pembersihan kulit rutin adalah cara yang paling efektif untuk mencegah jerawat. Membersihkan kulit dua kali sehari dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sabun ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan sisa-sisa make up. Setelah itu, gunakan toner untuk menyegarkan kulit Anda dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal. Terakhir, gunakan pelembab untuk melembabkan kulit.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Berbahan Alami

Produk perawatan kulit yang berbahan alami juga dapat membantu mengurangi jerawat. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak jojoba, minyak almond, minyak biji anggur, atau minyak kelapa untuk melembabkan kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan scrub alami dari bahan seperti kopi, madu, atau jus jeruk untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit Anda terasa lebih halus.

3. Menjaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Makanan berlemak, berminyak, dan bersantan dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Untuk itu, hindari makanan-makanan tersebut dan cobalah untuk makan makanan yang berserat tinggi dan kaya vitamin seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, minumlah banyak air putih untuk membersihkan racun dari dalam tubuh Anda.

BACA JUGA:  Jerawat di Pipi Kanan Kiri: Bagaimana Cara Mengatasinya?

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda dapat membantu mengurangi jerawat dan menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, hentikan juga kebiasaan mencium benda-benda yang terkena asap rokok seperti alat rokok, botol minum, atau tembakau.

5. Hindari Kontak dengan Sinar Matahari

Kontak dengan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi kulit dan memicu produksi minyak berlebih. Untuk itu, cobalah untuk menghindari sinar matahari terlalu lama dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda. Tabir surya juga dapat membantu mengurangi bekas luka jerawat.

6. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Anda dapat membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami seperti madu, jus jeruk, atau jus tomat. Selain itu, Anda juga dapat membeli masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami di toko-toko kosmetik.

7. Jangan Sentuh Jerawat Anda

Jangan sentuh jerawat Anda dengan tangan karena tangan Anda bisa mengandung bakteri yang dapat memicu infeksi dan memperparah jerawat. Jika Anda merasakan gatal pada jerawat, cobalah untuk mengurangi iritasi dengan tetes air dingin atau menggunakan masker wajah.

8. Bersihkan Peralatan Make Up

Sering-seringlah mencuci spons wajah, sikat make up, dan alat make up lainnya yang digunakan untuk mencegah bakteri dan kotoran bersarang di permukaan alat-alat tersebut. Jika Anda tidak ingin repot mencuci alat-alat make up, Anda juga dapat membeli alat-alat baru yang lebih higienis.

9. Gunakan Obat Jerawat

Jika Anda mengalami jerawat berat, Anda dapat menggunakan obat-obatan jerawat seperti gel benzoil peroksida atau obat lain yang direkomendasikan oleh dokter. Pemakaian obat ini harus dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Nasi di Dahi

10. Berobat ke Dokter

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan tapi jerawat masih belum hilang, cobalah untuk berobat ke dokter. Dokter akan menentukan penyebab jerawat Anda dan memberikan perawatan yang sesuai untuk mengurangi jerawat.

Kesimpulan

Jerawat bisa menjadi masalah yang mengganggu namun bisa diatasi dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Pembersihan kulit rutin, menjaga pola makan sehat dan seimbang, menghindari sinar matahari, dan berobat ke dokter adalah beberapa cara yang efektif untuk mengatasi jerawat. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit dan tidak boleh merusak jerawat dengan cara mencubit atau menekannya.

VideoCara Agar Jerawat Hilang Dalam Waktu Singkat