Bisul di Wajah Seperti Jerawat: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Bisul Di Wajah Seperti Jerawat: Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Bisul di wajah biasanya disamakan dengan jerawat, meskipun ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Bisul di wajah adalah lesi yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit. Meskipun bisul di wajah dapat menjadi sangat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman, mereka biasanya mudah disembuhkan jika diobati dengan tepat.

Apa Itu Bisul di Wajah?

Bisul di wajah adalah lesi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul biasanya terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat dengan kotoran dan minyak. Infeksi bakteri dapat memburu pori-pori yang tersumbat ini, menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Bisul biasanya berwarna merah dengan pus di bagian atasnya.

Penyebab Bisul di Wajah?

Bisul di wajah biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit jika wajah tidak dibersihkan secara teratur. Pori-pori yang tersumbat juga dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. Seperti jerawat, bisul di wajah juga dapat disebabkan oleh hormon yang berlebihan dan stres.

Gejala Bisul di Wajah

Bisul di wajah biasanya ditandai dengan bintik merah di wajah yang disertai dengan pembengkakan, kemerahan dan rasa sakit. Bisul juga dapat menyebabkan ruam yang membuat wajah terlihat tidak menarik. Bisul biasanya akan melepuh dan berdarah beberapa hari setelah muncul dan jika tidak diobati, dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain dari tubuh.

Cara Mengatasi Bisul di Wajah

Kebanyakan bisul di wajah akan sembuh sendiri kurang dari seminggu, tanpa pengobatan. Anda dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit dengan mengompres kulit dengan air dingin atau dengan menggunakan obat yang mengandung benzoil peroksida. Jika bisul tidak sembuh dalam beberapa hari, Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan resep antibiotik yang akan membantu mengobati infeksi bakteri. Jika bisul di wajah tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

BACA JUGA:  Solusi Efektif Untuk Hilangkan Jerawat

Cara Mencegah Bisul di Wajah

Untuk mencegah bisul di wajah, Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering. Jauhkan wajah Anda dari minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Gunakan sabun yang lembut dan bersihkan wajah Anda secara teratur. Anda juga harus menghindari menggaruk atau menggosok bisul di wajah karena ini dapat menyebabkan infeksi bakteri. Jika Anda memiliki masalah kulit berat, Anda harus berkonsultasi dengan ahli kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda memiliki bisul di wajah yang tidak sembuh dalam beberapa hari, Anda harus berobat ke dokter. Dokter akan meresepkan antibiotik yang akan membantu mengobati infeksi dan menghilangkan bisul di wajah. Dokter juga akan memberikan saran tentang cara merawat kulit Anda dan cara mencegah bisul di wajah di masa depan.

Kesimpulan

Bisul di wajah adalah lesi yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit. Meskipun bisul di wajah dapat menjadi sangat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman, mereka biasanya mudah disembuhkan jika diobati dengan tepat. Untuk mencegah bisul di wajah, Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering dan gunakan sabun yang lembut. Jika Anda memiliki bisul di wajah yang tidak sembuh dalam beberapa hari, Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan resep antibiotik yang akan membantu mengobati infeksi bakteri.

VideoBisul di Wajah Seperti Jerawat: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya