Penyebab Bintik Seperti Jerawat pada Anak

Penyebab Bintik Seperti Jerawat Pada Anak
Source: bing.com

Banyak orang tua yang merasa khawatir ketika melihat bintik seperti jerawat pada anak mereka. Meskipun bintik seperti jerawat pada anak tidak sering berbahaya, ada beberapa penyebab bintik seperti jerawat yang harus dipertimbangkan.

Penyebab Alergi

Alergi adalah penyebab yang paling umum dari bintik seperti jerawat pada anak. Alergi terhadap makanan, udara, atau bahkan produk perawatan kulit dapat menyebabkan bintik merah dan gatal pada anak. Beberapa gejala alergi lainnya yang sering dialami anak adalah ruam, hidung tersumbat, dan mata berair.

Penyebab Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Infeksi bakteri biasanya disebabkan oleh Staphylococcus atau Streptococcus. Gejalanya adalah bintik merah gatal dan bengkak. Bintik ini biasanya muncul di wajah anak, tangan, dan leher.

Penyebab Penyakit Menular

Penyakit menular seperti varicella (chickenpox), rubella, dan herpes juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Gejala dari penyakit menular ini biasanya bintik kecil dan gatal yang berwarna merah yang muncul di seluruh tubuh. Bintik ini dapat menyebar dengan cepat dan dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat kuat.

Penyebab Kondisi Penyakit Kulit

Beberapa kondisi penyakit kulit seperti eksim, dermatitis atopik, dan pityriasis rosea juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Penyakit kulit ini menyebabkan bintik merah gatal yang terasa tidak nyaman. Bintik ini dapat muncul di mana saja di tubuh anak, termasuk wajah, leher, tangan, dan kaki.

BACA JUGA:  Makanan yang Dihindari untuk Jerawat

Penyebab Reaksi Obat

Beberapa obat juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Reaksi alergi terhadap obat antibiotik, obat anti alergi, dan obat anti-inflamasi dapat menyebabkan bintik merah di wajah dan tubuh anak. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah ruam, gatal, bengkak, dan pembengkakan.

Penyebab Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun seperti lupus dan sindrom Sjogren juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Penyakit autoimun ini menyebabkan bintik merah gatal yang muncul di wajah dan tubuh anak. Bintik ini biasanya muncul di bagian tubuh yang terkena sinar matahari.

Penyebab Penyakit Parasit

Beberapa penyakit parasit seperti scabies, demodex, dan tungiasis juga dapat menyebabkan bintik seperti jerawat pada anak. Gejala yang biasanya muncul adalah bintik merah gatal yang muncul di seluruh tubuh anak. Bintik ini dapat bersifat kronis dan tidak hilang dengan sendirinya.

Penyebab Lain

Bintik seperti jerawat pada anak juga dapat disebabkan oleh stres, makanan yang tidak cocok, atau pengaruh lingkungan. Beberapa gejala yang dapat muncul adalah bintik merah di wajah, leher, dan tubuh anak. Bintik ini biasanya berlangsung selama beberapa hari dan akan hilang dengan sendirinya.

Kesimpulan

Bintik seperti jerawat pada anak dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari alergi hingga penyakit autoimun. Untuk mengetahui penyebab pastinya, dokter anak harus melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk menemukan penyebab pastinya. Orang tua harus memastikan bahwa anak mereka mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi bintik seperti jerawat tersebut.

VideoPenyebab Bintik Seperti Jerawat pada Anak