Bintik Putih di Wajah Seperti Jerawat

Bintik Putih Di Wajah Seperti Jerawat
Source: bing.com

Banyak yang mungkin bertanya-tanya tentang bintik putih di wajah yang sering disebut sebagai jerawat. Bintik putih ini terlihat seperti jerawat, tapi tidak sama dengan jerawat. Bintik putih di wajah ini juga disebut sebagai seborrheic keratosis. Ini adalah penyakit kulit yang sangat umum. Pada kulit normal, kulit menghasilkan sel kulit mati yang disebut korneum. Seborrheic keratosis adalah ketika kulit memproduksi sel kulit mati yang berlebihan dan menumpuk.

Bintik putih di wajah biasanya berwarna keabu-abuan, kuning, atau coklat. Mereka juga terlihat seperti bintik-bintik kecil, tetapi juga bisa lebih besar. Bintik putih di wajah biasanya kenyal dan bergerigi. Mereka juga bisa menonjol dari kulit.

Apa Penyebab Bintik Putih di Wajah?

Penyebab pasti bintik putih di wajah belum diketahui. Beberapa ahli berpendapat bahwa mereka disebabkan oleh paparan matahari yang berkepanjangan, usia tua, dan genetika. Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung ini, ahli dermatologi menyarankan agar Anda menghindari paparan matahari berkepanjangan untuk mencegah munculnya bintik putih di wajah.

Beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan bintik putih di wajah termasuk diabetes, hipertiroidisme, dan kehamilan. Jika Anda mengalami bintik putih di wajah dan menyadari bahwa Anda juga mengalami salah satu dari kondisi ini, maka Anda harus menemui dokter untuk ditangani.

Bagaimana Cara Mengobati Bintik Putih di Wajah?

Karena bintik putih di wajah adalah penyakit kulit yang tidak berbahaya, tidak ada obat yang dapat mengobatinya. Namun, bintik putih di wajah dapat dihilangkan dengan beberapa metode. Metode yang paling umum adalah pengangkatan bedah. Metode lainnya termasuk pembakaran laser, elektrokoagulasi, dan cairan kimia.

BACA JUGA:  Cara Alami untuk Mencegah Wajah Kusam dan Bekas Jerawat

Pengangkatan bedah adalah prosedur dimana bintik putih di wajah diangkat dengan menggunakan pisau bedah atau laser. Prosedur ini umumnya dilakukan oleh dokter kulit dan bisa menghilangkan bintik putih di wajah di satu sesi. Namun, pengangkatan bedah juga dapat meninggalkan bekas luka atau luka bakar yang akan membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh.

Pembakaran laser adalah prosedur dimana bintik putih di wajah dihilangkan dengan menggunakan sinar laser. Prosedur ini dapat menghilangkan bintik putih di wajah dengan cepat dan efisien. Namun, prosedur ini juga dapat menyebabkan bekas luka atau luka bakar. Oleh karena itu, penting untuk memilih dokter yang berpengalaman untuk melakukan prosedur ini.

Elektrokoagulasi adalah prosedur dimana bintik putih di wajah dihilangkan dengan menggunakan arus listrik. Prosedur ini dapat menghilangkan bintik putih di wajah dengan cepat dan efisien. Namun, prosedur ini juga dapat meninggalkan bekas luka atau luka bakar yang akan membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh.

Cairan kimia adalah prosedur dimana bintik putih di wajah dihilangkan dengan menggunakan cairan kimia yang tersedia di pasaran. Prosedur ini dapat menghilangkan bintik putih di wajah dengan cepat dan efisien. Namun, prosedur ini juga dapat meninggalkan bekas luka atau luka bakar yang akan membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh.

Bagaimana Cara Mencegah Bintik Putih di Wajah?

Ada beberapa cara untuk mencegah bintik putih di wajah. Yang paling penting adalah untuk menghindari paparan matahari yang berlebihan. Anda juga harus menerapkan tabir surya dengan SPF minimal 15 sebelum Anda keluar. Jika Anda tidak bisa menghindari paparan matahari, Anda harus menghindari berada di luar pada jam-jam terik yaitu antara pukul 10 pagi dan 4 sore.

BACA JUGA:  Cream Penghilang Bekas Jerawat, Solusi Terbaik untuk Anda!

Anda juga harus menjaga kulit Anda tetap lembab. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan pelembab setiap hari. Jika Anda memiliki masalah kulit yang parah, Anda harus menemui dokter untuk mendapatkan saran dan bantuan.

Apakah Bintik Putih di Wajah Berbahaya?

Bintik putih di wajah adalah penyakit kulit yang tidak berbahaya. Namun, sebagian besar orang ingin menghilangkan bintik putih di wajah karena mereka menganggapnya berbeda dari kulit mereka yang sehat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami bintik putih di wajah, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin menghilangkannya atau tidak.

Kesimpulan

Bintik putih di wajah adalah penyakit kulit yang umum. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi ahli dermatologi menyarankan agar Anda menghindari paparan matahari berkepanjangan untuk mencegahnya. Bintik putih di wajah dapat dihilangkan dengan beberapa metode, termasuk pengangkatan bedah, pembakaran laser, elektrokoagulasi, dan cairan kimia. Untuk mencegah munculnya bintik putih di wajah, Anda harus menghindari paparan matahari berlebihan dan menjaga kulit Anda tetap lembab. Bintik putih di wajah biasanya tidak berbahaya, tetapi beberapa orang ingin menghilangkannya untuk alasan estetika.

VideoBintik Putih di Wajah Seperti Jerawat