Bintik Merah di Wajah Tapi Bukan Jerawat

Bintik Merah Di Wajah Tapi Bukan Jerawat
Source: bing.com

Berbagai jenis bintik merah di wajah mungkin seringkali kamu lihat dan khawatir bahwa itu adalah jerawat. Tapi, ada banyak bintik merah lain di wajah yang bukan jerawat. Bintik merah di wajah dapat juga disebabkan oleh berbagai penyebab lain dan dapat diberikan perawatan yang berbeda.

Apa yang Menyebabkan Bintik Merah di Wajah?

Bintik merah di wajah umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Reaksi alergi
  • Radang kulit
  • Kerusakan pada kulit
  • Penyakit menular seksual (PMS)
  • Kontak dengan bahan kimia
  • Paparan sinar matahari

Semua bintik merah di wajah tidak harus disebabkan oleh jerawat. Namun, jenis bintik berbeda ini membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.

Jenis Bintik Merah di Wajah Selain Jerawat

Berbagai jenis bintik merah di wajah yang bukan jerawat adalah:

1. Bintik Merah Akibat Reaksi Alergi

Bintik merah di wajah dapat berupa ruam alergi. Ruam alergi adalah reaksi alergi yang dapat menyebabkan bintik-bintik kecil di wajah. Biasanya, bintik-bintik ini berwarna merah muda. Beberapa tanda reaksi alergi lainnya adalah gatal, bengkak, dan ruam.

2. Bintik Merah Akibat Radang Kulit

Radang kulit atau eksim dapat menyebabkan bintik merah di wajah. Bintik merah yang disebabkan oleh radang kulit biasanya berbentuk kecil, berwarna merah, dan berkelompok. Biasanya, bintik-bintik ini juga disertai dengan rasa gatal dan bengkak.

BACA JUGA:  Young Living Frankincense untuk Jerawat

3. Bintik Merah Akibat Kerusakan Pada Kulit

Kerusakan pada kulit juga dapat menyebabkan bintik merah di wajah. Beberapa contohnya adalah luka bakar, luka bakar sinar matahari, luka bakar minyak panas, dan luka bakar listrik. Biasanya, bintik-bintik ini berwarna merah, memerah, atau hitam.

4. Bintik Merah Akibat PMS

Penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan bintik merah di wajah. Bintik-bintik ini biasanya berbentuk bulat, berwarna merah, dan tumbuh dalam jumlah besar. Beberapa contoh penyakit menular seksual (PMS) adalah sifilis, gonorea, dan herpes.

5. Bintik Merah Akibat Kontak dengan Bahan Kimia

Bintik merah di wajah juga dapat disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia. Beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan bintik merah di wajah adalah sabun, parfum, dan produk pencukur. Biasanya, bintik-bintik ini berwarna merah dan disertai dengan rasa gatal.

6. Bintik Merah Akibat Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan bintik merah di wajah. Bintik-bintik ini biasanya berwarna kemerahan dan disertai dengan rasa gatal. Bintik-bintik ini dapat bertahan selama beberapa hari atau minggu.

Cara Mengatasi Bintik Merah di Wajah

Untuk mengatasi bintik merah di wajah, kamu harus menentukan penyebabnya terlebih dahulu. Bintik-bintik yang disebabkan oleh reaksi alergi, radang kulit, PMS, kontak dengan bahan kimia, atau paparan sinar matahari dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bintik merah di wajah:

  • Gunakan obat anti alergi untuk mengatasi bintik merah akibat reaksi alergi.
  • Gunakan obat atau krim yang direkomendasikan dokter untuk mengatasi bintik merah akibat radang kulit.
  • Lakukan perawatan medis untuk bintik merah akibat kerusakan pada kulit.
  • Periksakan diri ke dokter untuk bintik merah akibat PMS dan ikuti petunjuk dan resep yang diberikan.
  • Jauhi bahan kimia yang menyebabkan bintik merah di wajah.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.
BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat dengan Sariayu

Kesimpulan

Bintik merah di wajah mungkin seringkali disalahartikan sebagai jerawat. Namun, bintik merah di wajah dapat disebabkan oleh berbagai jenis lain, seperti reaksi alergi, radang kulit, kerusakan pada kulit, PMS, kontak dengan bahan kimia, dan paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, kamu harus menentukan penyebabnya terlebih dahulu dan gunakan metode yang tepat.

VideoBintik Merah di Wajah Tapi Bukan Jerawat