Berapa Lama Jerawat Bernanah Sembuh?

Berapa Lama Jerawat Bernanah Sembuh?
Source: bing.com

Jerawat bernanah adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum dialami. Ini adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan cenderung menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, dan gatal-gatal pada kulit. Namun, apakah Anda tahu berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh?

Menurut beberapa ahli kulit, jerawat bernanah dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai lima hari. Meskipun ini adalah perkiraan yang umum, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi waktu penyembuhan. Faktor-faktor ini meliputi: usia, jenis kulit, jenis bakteri yang menyebabkan jerawat, tingkat keparahan jerawat, dan cara penanganan jerawat.

Usia

Usia adalah faktor yang paling penting dalam menentukan berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Orang yang lebih muda umumnya memiliki kulit yang lebih elastis dan lebih mudah untuk sembuh dari jerawat. Namun, orang yang lebih tua dapat mengalami penyembuhan yang lebih lama. Ini disebabkan oleh kurangnya elastisitas kulit yang menyebabkan penyembuhan lebih lama.

Jenis Kulit

Jenis kulit juga berpengaruh pada lama penyembuhan jerawat bernanah. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat, karena minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko jerawat. Namun, jenis kulit yang kering juga dapat menyebabkan jerawat jika tidak dirawat dengan benar. Oleh karena itu, jenis kulit Anda dapat mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh.

Jenis Bakteri

Jenis bakteri yang menyebabkan jerawat juga dapat mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah bakteri yang paling umum menyebabkan jerawat. Ini adalah bakteri yang hidup di lapisan atas kulit dan dapat menyebabkan jerawat apabila ada kondisi yang kondusif. Bakteri lain seperti staphylococcus aureus juga dapat menyebabkan jerawat bernanah, yang dapat mempengaruhi lama penyembuhannya.

BACA JUGA:  Penyakit Dilihat Dari Jerawat

Tingkat Keparahan

Tingkat keparahan jerawat juga merupakan faktor yang mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Jerawat ringan biasanya dapat sembuh dalam waktu singkat, sementara jerawat yang lebih parah dapat memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh. Jika Anda mengalami jerawat yang parah, Anda akan perlu banyak waktu untuk menyembuhkan jerawat bernanah Anda.

Cara Penanganan

Cara Anda menangani jerawat juga dapat mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Jika Anda menggunakan produk yang salah, itu dapat memperparah jerawat Anda dan membuatnya lebih lama untuk sembuh. Untuk itu, penting untuk Anda menggunakan produk kulit yang tepat untuk membantu menyembuhkan jerawat bernanah Anda.

Kesimpulan

Dalam umumnya, jerawat bernanah dapat sembuh dalam waktu dua sampai lima hari. Namun, berbagai faktor dapat mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Usia, jenis kulit, jenis bakteri, tingkat keparahan, dan cara penanganan jerawat semuanya dapat mempengaruhi berapa lama jerawat bernanah dapat sembuh. Jadi, sebelum mencoba menyembuhkan jerawat bernanah Anda, pastikan Anda mengetahui faktor-faktor ini agar Anda dapat mengetahui berapa lama penyembuhannya.

VideoBerapa Lama Jerawat Bernanah Sembuh?