Bekas Jerawat Merah: Berapa Lama Sampai Hilang?

Bekas Jerawat Merah: Berapa Lama Sampai Hilang?
Source: bing.com

Banyak orang yang pernah mengalami jerawat, dan kebanyakan dari mereka juga mengalami bekas jerawat. Bekas jerawat berupa bintik-bintik merah yang bisa mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bekas jerawat memang tidak mudah untuk hilang, tapi kamu tidak perlu khawatir. Berikut adalah informasi tentang berapa lama bekas jerawat merah bisa hilang.

Penyebab Bekas Jerawat Merah

Bekas jerawat merah disebabkan oleh bekas infeksi bakteri yang disebut Propionibacterium acnes (P. acnes). Ketika bakteri ini menempel di kulit, tubuh meresponsnya dengan mengirimkan sel-sel imunitas untuk memerangi bakteri. Sel-sel imunitas ini menyebabkan pembengkakan dan merahnya kulit, yang menyebabkan bekas jerawat. Bekas jerawat merah juga bisa disebabkan oleh luka atau trauma yang terjadi di kulit.

Berapa Lama Bekas Jerawat Merah Hilang?

Banyak faktor yang bisa memengaruhi berapa lama bekas jerawat merah hilang. Faktor-faktor ini termasuk jenis jerawat, usia, jenis kulit, gangguan hormon, dan jenis pengobatan yang digunakan. Pada umumnya, bekas jerawat merah bisa hilang dalam waktu 12-24 minggu. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan bekas jerawat dan mempercepat proses penyembuhannya.

Cara Meringankan Bekas Jerawat Merah

Untuk meringankan bekas jerawat merah dan mempercepat proses penyembuhannya, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Jangan gosok, gosok-gosok, atau mencubit bekas jerawat. Hal ini hanya akan memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan infeksi baru.
  • Kamu juga bisa gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung zat antiseptik untuk membersihkan kulit dan mencegah infeksi.
  • Selain itu, kamu bisa gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan seperti asam kojic, asam glikolat,asam salisilat, asam azelaiat, atau kojic.
  • Kamu juga bisa gunakan krim atau suntikan steroid untuk membantu mengurangi rasa gatal dan inflamasi pada kulit.
  • Untuk mengurangi bekas jerawat merah, kamu juga bisa gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.
  • Selain itu, kamu juga bisa gunakan laser terapi atau terapi sinar matahari untuk mempercepat proses penyembuhan.
BACA JUGA:  Kapas: Solusi Terbaik untuk Jerawat

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Bekas jerawat merah biasanya bisa hilang sendiri dalam waktu 12-24 minggu. Namun, jika kondisi kulit kamu tidak membaik setelah 24 minggu, kamu harus segera berobat ke dokter. Dokter bisa meresepkan obat-obatan untuk membantu menyembuhkan kulit dan meringankan bekas jerawat.

Kesimpulan

Bekas jerawat merah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Bekas jerawat merah biasanya bisa hilang dalam waktu 12-24 minggu. Namun, kamu bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menjaga kulit, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan berobat ke dokter jika kondisi kulit tidak membaik setelah 24 minggu.

VideoBekas Jerawat Merah: Berapa Lama Sampai Hilang?