Bentuk Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Bentuk Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat batu adalah bentuk jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Biasanya, jerawat batu merupakan bentuk jerawat yang paling sulit untuk disembuhkan. Pada umumnya, jerawat batu berbentuk bulat, berwarna merah, berukuran besar dan timbul pada bagian wajah, leher, dan punggung. Jerawat batu biasanya disertai dengan rasa sakit yang berkepanjangan. Jika tidak segera diatasi, jerawat batu dapat menyebabkan komplikasi yang serius, misalnya infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu:

Menjaga Kebersihan Wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Pastikan untuk mencuci wajah secara teratur dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, pastikan untuk menggunakan sabun wajah yang ringan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Usahakan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari.

Menggunakan Masker

Masker wajah juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi jerawat batu. Masker wajah dapat mengikat kotoran dan minyak yang menempel pada wajah. Masker wajah yang disarankan untuk jerawat batu adalah masker biji-bijian, masker alami, dan masker kulit pisang. Masker ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan menyamarkan jerawat batu.

Menghindari Makanan yang Berminyak

Ketika mencoba mengatasi jerawat batu, pastikan untuk menghindari makanan berminyak. Makanan berminyak dapat meningkatkan produksi hormon sebum yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Makanan berminyak yang sebaiknya dihindari adalah makanan gorengan, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung banyak gula.

BACA JUGA:  Obat Jerawat Kecil di Apotik

Menggunakan Obat Anti Jerawat

Selain menjaga kebersihan wajah, menggunakan masker, dan menghindari makanan berminyak, Anda juga dapat menggunakan obat anti jerawat untuk mengatasi jerawat batu. Obat anti jerawat adalah obat yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih, membersihkan kulit, dan mengurangi peradangan. Beberapa obat anti jerawat yang dapat Anda gunakan adalah retinoid, benzoil peroksida, dan kurkumin. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan obat anti jerawat.

Menggunakan Routine Skincare yang Tepat

Routine skincare yang tepat juga dapat membantu mengatasi jerawat batu. Routine skincare yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan pelembab setiap hari, menggunakan sunblock yang tinggi SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan, dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan untuk menggunakan produk skincare yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi jerawat batu. Dengan meminum air putih secara teratur, Anda dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Usahakan untuk meminum air putih minimal 8 gelas sehari.

Kesimpulan

Jerawat batu adalah bentuk jerawat yang paling sulit untuk disembuhkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa cara, seperti menjaga kebersihan wajah, menggunakan masker, menghindari makanan berminyak, menggunakan obat anti jerawat, menggunakan routine skincare yang tepat, dan memperbanyak konsumsi air putih. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mengatasi jerawat batu dengan lebih mudah.

VideoBentuk Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya