Kenali Gejala dan Penyebab Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Kenali Gejala Dan Penyebab Benjolan Seperti Jerawat Di Sekitar Kemaluan
Source: bing.com

Benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan merupakan masalah kesehatan yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Saat ini, ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan benjolan di sekitar kemaluan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gejala dan penyebab benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan.

Apa Itu Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan?

Benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan adalah suatu kondisi ketika Anda mengalami benjolan yang menyebabkan rasa sakit, gatal, atau perih di sekitar kemaluan. Benjolan ini bisa menjadi kemerahan, keputihan, atau bahkan berbentuk kista. Benjolan ini bisa berukuran kecil atau besar. Jika benjolan ini terlalu besar, maka Anda mungkin merasa nyeri saat berjalan atau berhubungan seksual.

Gejala Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Kebanyakan orang yang mengalami benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan akan mengalami beberapa gejala. Beberapa gejala yang dapat dialami adalah gatal di sekitar kemaluan, kemerahan, bengkak di sekitar kemaluan, dan keputihan. Jika Anda mengalami benjolan seperti jerawat yang menyakitkan, maka Anda mungkin juga mengalami demam, nyeri saat beraktivitas, atau nyeri saat berhubungan seksual.

Penyebab Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Ada berbagai macam penyebab benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan. Beberapa penyebabnya adalah infeksi bakteri, jamur, virus, atau parasit. Infeksi bakteri seperti gonore, chlamydia, dan sifilis dapat menyebabkan benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan. Jamur seperti candidiasis juga dapat menyebabkan benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan. Selain itu, virus seperti herpes simpleks juga dapat menyebabkan benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan.

BACA JUGA:  Manfaat Toner untuk Menghilangkan Jerawat

Penanganan Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Jika Anda mengalami benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan tes untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, atau parasit. Berdasarkan hasil tes, dokter akan meresepkan obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan.

Cara Mencegah Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Untuk mencegah benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan, Anda harus menjaga kebersihan sekitar kemaluan. Anda harus mencuci sekitar kemaluan dengan sabun dan air setiap hari. Selain itu, Anda juga harus mengganti pakaian dalam setiap hari. Jika Anda memiliki pasangan seksual, maka Anda harus menggunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit menular seksual.

Tips Lain untuk Mencegah Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan

Anda juga harus menghindari makanan berlemak dan gorengan. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan kondisi kulit kering, yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan. Anda juga harus menghindari stres, karena stres dapat meningkatkan risiko Anda mengalami infeksi. Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk mendapatkan cukup istirahat dan tidur agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Kesimpulan

Benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan merupakan masalah kesehatan yang harus Anda hindari. Kebanyakan benjolan ini disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, atau parasit. Untuk mengatasinya, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan sekitar kemaluan, menghindari makanan berlemak dan gorengan, dan menghindari stres. Dengan melakukan semua hal tersebut, maka Anda akan lebih aman dari benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan.

BACA JUGA:  Sabun Jerawat untuk Anak Usia 12 Tahun

VideoKenali Gejala dan Penyebab Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Kemaluan