Kenali Benjolan seperti Jerawat di Kemaluan

Kenali Benjolan Seperti Jerawat Di Kemaluan
Source: bing.com

Ketika Anda mengalami benjolan di kemaluan, mungkin Anda akan berpikir bahwa itu jerawat. Walaupun benjolan yang terjadi di daerah kemaluan bisa menyerupai jerawat, Anda tidak dapat menyimpulkan bahwa itu benar-benar jerawat. Ada berbagai macam benjolan yang bisa muncul di daerah kemaluan, termasuk kondisi kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan benjolan seperti jerawat di kemaluan, pastikan untuk mencari bantuan dari dokter. Mereka akan melakukan tes diagnostik untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut, dan menyarankan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Jenis Benjolan di Kemaluan

Beberapa jenis benjolan yang bisa muncul di kemaluan antara lain:

  • Jerawat: Jerawat adalah benjolan yang paling umum di daerah kemaluan. Ini dapat disebabkan oleh polusi lingkungan, produk pembersih, atau kurangnya kebersihan. Biasanya, jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
  • Kutil: Kutil adalah benjolan yang berbentuk lembut dan hampir tidak terlihat. Ini disebabkan oleh virus yang menyebar melalui kontak seksual. Kutil dapat disembuhkan dengan obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Kondiloma Akuminata: Ini adalah benjolan yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui hubungan seksual. Kondiloma Akuminata terlihat seperti kutil, tetapi lebih besar dan berwarna kuning.

Selain itu, benjolan seperti jerawat di kemaluan juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti kanker kelamin atau penyakit menular seksual (PMS). Oleh karena itu, jika Anda menemukan benjolan di daerah kemaluan, segera cari bantuan dari dokter.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Menemukan Benjolan di Kemaluan

  • Jangan mencoba mengobati benjolan dengan obat bebas. Anda harus menghindari mencoba merawat benjolan di kemaluan sendiri, jika tidak Anda dapat memburukkan kondisi Anda.
  • Beritahukan pada dokter apa yang Anda alami. Berikan informasi yang akurat dan jelas agar dokter bisa menentukan puncaknya dan memberikan tindakan yang tepat.
  • Jangan berhubungan seksual saat menunggu hasil tes. Jika Anda berpikir Anda mungkin terinfeksi penyakit menular seksual (PMS), jangan berhubungan seksual sampai Anda yakin bahwa Anda tidak terinfeksi.
  • Periksa kebersihan daerah kemaluan. Pastikan untuk mandi setiap hari dan menggunakan sabun dan air hangat. Selain itu, hindari menggunakan produk pembersih berbahan kimia yang dapat memicu iritasi.
BACA JUGA:  Air Liur untuk Jerawat? Ini yang Harus Anda Ketahui

Pencegahan Benjolan di Kemaluan

  • Gunakan pengaman seks. Ini penting untuk mencegah infeksi PMS. Pastikan untuk memilih kondom yang tepat dan menggunakannya dengan benar.
  • Hindari gesekan. Jika Anda mengalami gesekan antara pakaian dan daerah kemaluan, ganti pakaian Anda dengan segera. Ini akan mencegah iritasi dan memperkecil risiko benjolan.
  • Jaga kebersihan. Mandi setiap hari dan ganti pakaian dalam secara teratur. Juga, pastikan untuk mengganti handuk dan pakaian renang setelah berenang.
  • Konsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kulit Anda sehat dan mencegah munculnya benjolan.

Kesimpulan

Benjolan seperti jerawat di kemaluan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk jerawat, kutil, kondiloma akuminata, dan bahkan kondisi kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, jika Anda menemukan benjolan di daerah kemaluan, segeralah mencari bantuan dari dokter. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat untuk benjolan di kemaluan Anda.

VideoKenali Benjolan seperti Jerawat di Kemaluan